Smart City Solution

Suatu solusi TIK end to end terintegrasi yang digunakan dalam setiap aspek operasional kota untuk meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan serta kesejahteraan masyarakat

Saya tertarik

Manajemen Pemerintahan

Merupakan implementasi TIK di sektor yang berkaitan dengan fungsi birokrasi dan manajemen di Pemerintahan Daerah, baik antar Instansi / Dinas di suatu Pemerintah Daerah ataupun antara Pemerintah Daerah terkait dengan stakeholder lainnya seperti Badan Organisasi, Komunitas, Asosiasi dan lain sebagainya sehingga dapat mendukung proses koordinasi dan manajemen fungsi setiap stakeholder yang terlibat untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, transparan dan profesional.

Layanan pencatatan dan pengarsipan untuk semua Instansi Pemerintah, BUMN, BUMD dan Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia. Manfaatnya adalah:
1. Hemat biaya
    Kurangi biaya SDM dan proses dokumentasi manual
2. Ruang hemat
    Mampu menghemat ruang kantor dan rak dokumen
3. Teratur
    Arsip disimpan secara permanen, data tidak akan hilang
4. Aksesibilitas
    Arsip bisa diakses oleh orang-orang dari berbagai lokasi
5. Produktif
    Proses manual untuk mencari dan menyimpan dokumen dieliminasi

Layanan aplikasi untuk proses otomasi administrasi pelayanan publik dengan cepat, akurat, dan mudah. Manfaatnya adalah:

  1. Tidak ada investasi (pengguna tidak memerlukan investasi perangkat keras atau perangkat lunak)
  2. Tanpa Maintenance (pengguna tidak perlu disibukkan dengan hardware / software maintenance activities)
  3. Implementasi Cepat (Pelanggan dapat menggunakan aplikasi yang diinginkan dalam rentang waktu yang jauh lebih singkat)
  4. Berbasis web (bisa diakses dari mana saja dan kapan saja)
  5. Dapat disesuaikan (Aplikasi dapat disesuaikan dengan struktur organisasi dan tata letak naskah masing-masing kelurahan)
  6. Aman (setiap pengguna akan memiliki lingkungan yang terisolasi, memastikan keamanan)
  7. Cloud Computing (infrastruktur dan pemeliharaan yang efisien, dan solusi untuk keterbatasan SDM di bidang IT)

Layanan portal korporat yang menyediakan platform komunikasi, informasi, dan pengetahuan bagi perusahaan / institusi untuk melayani kebutuhan otomasi proses korespondensi internal perusahaan. Manfaatnya adalah :

  1.  Kecepatan pembuatan memo resmi 15-30 menit.
  2.  Penomoran dan penanggalan surat "Aktual Date", sehingga lebih mudah dipantau.
  3.  Bisa diakses dari mana saja, tidak hanya terbatas di area perkantoran.
  4.  Kemudahan akses dokumen kapan saja, tidak terbatas pada jam kantor.
  5.  Berbasis IT.
  6.  Kebutuhan ruang yang lebih kecil untuk ruang arsip karena penggunaan kertas berkurang.
  7.  Bisa menyimpan sejarah surat yang pernah dibuat.
  8.  Surat yang dikirim dan surat diterima tersimpan rapi di e-Office.
  9.  Mampu melakukan manajemen SPD dan kantor cuti.

Solusi sistem informasi berbasis komputasi awan untuk pemerintah daerah dalam melaksanakan kegiatan pengumpulan pajak tanah dan bangunan (PBB), mencakup pengumpulan data, hibah NOP, pencatatan, pemeliharaan, pencetakan, pemantauan pendapatan, penagihan, dan bahkan layanan. Manfaatnya adalah:

  1. Sejumlah besar data objek pajak sekarang bisa diproses lebih baik.
  2. Mempercepat dan memfasilitasi proses penugasan Pajak PBB dengan prosedur penghitungan yang seragam dan akurat
  3. Memberikan informasi informasi objek pajak dengan mudah, cepat dan akurat untuk memudahkan pengambilan keputusan.
  4. Bisa diintegrasikan dengan database spasial
  5. Membantu perhitungan nilai jual tanah dan bangunan dari objek pajak secara massal dengan bantuan komputer CAV (Computer Assisted Valuation)
  6. Mempercepat dan mempermudah proses penyelesaian layanan kepada wajib pajak.

Aplikasi yang didedikasikan untuk proses perizinan untuk proses yang lebih transparan, cepat, mudah dan akuntabel. Manfaat:

  1. Membantu proses pengelolaan lisensi, termasuk aplikasi lisensi, verifikasi file, perhitungan retribusi, informasi kemajuan, dan pembuatan Sertifikat Perizinan secara komprehensif.
  2. Menyediakan layanan yang mudah disesuaikan, mudah disesuaikan dengan data perizinan yang tersedia di setiap pemerintah daerah dan sesuai dengan peraturan Permendagri No. 24 tahun 2006 dan Permendagri No. 20 Tahun 2008 yang berlaku.
  3. Mendukung 3 model OSS (One Stop Service) yang disesuaikan dengan struktur kelembagaan Pemerintah Daerah.

Aplikasi / sistem layanan berbasis web dan mobile untuk meningkatkan proses interaksi Pemerintah dan Masyarakat Desa mulai dari urusan administrasi pemerintahan, pelayanan dan usaha desa.

Aplikasi / sistem layanan yang berfungsi untuk mengintegrasikan data dari berbagai aplikasi vertikal ke dalam sebuah platform horisontal sehingga seluruh data tersebut terintegrasi dalam satu database menuju terwujudnya SATU DATA dan menjadi cikal bakal BIG DATA bagi Pemerintah Daerah di Indonesia.

Aplikasi / Sistem layanan presensi biometrik online yang menggunakan metode face and lifeness detection sebagai autentifikasi kehadiran dengan di dukung data tagging lokasi dan geofencing untuk melakukan presensi secara online sehingga memudahkan untuk kelola kehadiran di institusi.

Aplikasi untuk membantu Desa dalam melakukan monitoring kegiatan desa baik untuk kebutuhan realisasi anggaran desa ataupun kegiatan desa lainnya, mulai dari tahapan perencanaan, realisasi / pelaksanaan hingga proses evaluasi (reporting).

Aplikasi / sistem untuk memvisualisasikan seluruh data stream / transaksi pada masing-masing aplikasi eksisting dalam sebuah ekosistem (Desa/Area) dalam bentuk grafik / chart dan diformulasikan dalam bentuk Business Intelligence (BI).

Aplikasi pusat management user yang akan terkoneksi dengan berbagai macam aplikasi. UCM memanfaatkan konsep CAS (Central Authentication Service) untuk memberikan akses data akun user yang valid bagi aplikasi yang terhubung.

Punya pertanyaan atau ingin berdiskusi lebih jauh tentang solusi dan layanan dari Telkom Digital Solution?