Enterprise Solution

Partner bisnis yang tepat untuk Anda

Penggunaan teknologi wujudkan peluang baru bagi dunia bisnis. Kami akan terus melakukan inovasi seiring dengan perkembangan teknologi digital untuk kemajuan bisnis Anda. Menjadi sebuah kebanggaan saat kita dapat tumbuh bersama melalui inovasi yang diakui tidak hanya di dalam negeri, tapi juga di kancah internasional.

Kunjungi Website Saya tertarik

Customer Relationship Management (CRM)

Customer Relationship Management (CRM) merupakan sistem pengelolaan hubungan dengan pelanggan secara efektif menggunakan semua data interaksi perusahaan dengan pelanggan, yang digunakan untuk melakukan customer retention, meningkatkan engagement,  maupun sales.

Chatbot merupakan salah satu solusi digital CRM channel yang memungkinkan perusahaan meminimalisasi biaya operasional melalui penyediaan media komunikasi interaktif antara perusahaan (sistem/komputer) dan pelanggan dalam bentuk teks, audio, video di website maupun mobile apps menggunakan platform AI. Layanan chatbot dapat diakses melalui channel whatsapp, live chat, facebook messenger, twitter DM, telegram, line, dan lainnya.

Solusi ini dilengkapi dengan statistic & activities reporting dashboard, build QnA & path, serta broadcast message. Selain itu, layanan ini juga dapat digunakan untuk keperluan survey perusahaan.

Manfaat :

  • Meningkatkan brand image perusahaan melalui penyediaan channel komunikasi yang up-to-date dan lebih personal
  • Meningkatkan produktivitas perusahaan sekaligus meminimalisasi biaya melalui fleksibilitas layanan chatbot yang selalu on 24/7

Email Management System merupakan salah satu solusi digital CRM channel untuk mengelola email masuk (inbound) perusahaan dari pelanggan berupa komplain, permintaan, informasi dan saran yang dapat dikelompokkan berdasarkan kategori. Email yang diterima dapat secara otomatis di forward, auto reply, maupun create ticket dan dieskalasi ke PIC tertentu. Solusi ini dilengkapi dengan escalation rule, work order, reporting serta agent performance.

Manfaat :

  • Pendistribusian email secara sistem berdasarkan kategori sehingga mudah dimonitor dan direspon dengan tuntas
  • Kemudahan dan efisiensi pengelolaan data dan riwayat interaksi dengan pelanggan melalui media email

Live Chat merupakan salah satu solusi digital CRM channel untuk membantu perusahaan melakukan caring terhadap pelanggan dengan tambahan channel live chat. Layanan ini berupa sistem aplikasi yang ter-install di website perusahaan sehingga dengan mudah pelanggan dapat langsung terhubung dengan perusahaan.

Solusi ini dilengkapi dengan fitur level agent (visitor, chat history, chat per agent, per interval, by date, chat daily, monthly, data customer, dan blocked visit) serta level administrator (canned message, profile, notifications, dan logout).

Manfaat :

  • Caring antara pelanggan dan perusahaan dilakukan secara real time
  • Mudah untuk dioperasikan dan tidak perlu melakukan upgrade aplikasi

Contact Center merupakan salah satu solusi digital CRM channel yang memungkinkan perusahaan menyediakan layanan customer care kepada pelanggan yang dilengkapi dengan fitur Auto Attendant, dialer & auto dial, Automatic Call Distributor, voice, telephony & video conference, basic Computer Telephony Integration & Call Management System, serta Interactive Voice Response.

Solusi ini meliputi Contact Center Inbound (penyediaan informasi, penanganan komplain, permintaan penambahan layanan/produk) dan Contact Center Outbound (telemarketing, telesurvey, telesales, telecollection). Layanan yang diberikan berupa penyediaan sistem contact center secara menyeluruh yaitu infrastruktur, aplikasi, agent, site dengan pelaksanaan operasional sehari-hari.

Manfaat :

  • Meningkatkan kepuasan pelanggan melalui customer experience (layanan after sales service & informasi) yang lebih baik
  • Meningkatkan penjualan dan brand image perusahaan melalui telemarketing dan telesurvey

Cloud Contact Center merupakan salah satu solusi digital CRM channel yang memberikan kapabilitas yang sama seperti contact center tradisional, tetapi perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya berkala untuk update software karena aplikasi ini berbasis cloud. Kemudahan untuk melakukan set-up, penambahan/pengurangan fitur dapat dilakukan tanpa bergantung pada teknisi yang standby di lokasi.

Solusi ini dilengkapi dengan inbound/outbound operations, business continuity berbasis cloud, multichannel (email, SMS, social media, web chat), serta self service configuration.

Manfaat :

  • Dapat diubah fitur dan setting-nya dengan cepat termasuk script campaign yang ditujukan kepada spesifik agent
  • Mendapatkan managed solution (software cloud, hosting, voice dan jaringan data) tanpa perlu melakukan integrasi sistem
  • Menghilangkan capital expense dan menggantinya dengan operational expense

Social Media Management merupakan salah satu solusi digital CRM channel untuk membantu perusahaan mengelola akun social media untuk menjaga reputasi dan image perusahaan. Fungsi social media memberikan update dan informasi secara berkelanjutan, diantaranya menyampaikan program marketing, campaign, dll.

Solusi ini meliputi Content Planner, Social Media Operation Agent, Social Media Team Leader, Social Media Analytic, Seat Management, Platform Licensing, dan Social Media Marketing.

Manfaat :

  • Pengelolaan social media secara tersistem (perencanaan, pelaksanaan operasional harian, evaluasi dan pelaporan)
  • Sebagai media promosi produk/layanan perusahaan yang bersifat massal yang dapat meningkatkan bisnis perusahaan

Multichannel Communication merupakan salah satu solusi digital CRM channel yang memungkinkan perusahaan secara cepat dan tepat melakukan komunikasi melalui banyak channel seperti mobile, email, voice, social media dan web. Perusahaan dapat mengirimkan pesan secara langsung dan bersamaan. Disisi lain, penerima pesan juga bisa mendapatkan pesan yang kontennya bersifat personal (satu penerima dengan penerima lainnya berbeda konten).

Solusi ini dilengkapi dengan automated escalation & resend, tracking & reporting, multi-lingual message template, serta cross channel inbound & outbound.

Manfaat :

  • Memberikan customer experience yang lebih personal dengan berbagai pilihan media channel
  • Penyampaian informasi dilakukan secara terpusat di internal perusahaan
  • Dapat digunakan untuk komunikasi operasional di internal perusahaan

Digital CRM Omnichannel merupakan solusi customer interaction management yang menggabungkan beberapa channel komunikasi (digital CRM channel) dalam satu platform (omnichannel), yang dapat saling berinteraksi serta berbagi data dan informasi. Solusi ini menjamin history komunikasi dengan pelanggan tercatat secara komprehensif, sehingga agent tidak akan menanyakan lagi informasi yang sudah disampaikan oleh pelanggan.

Solusi ini dilengkapi dengan aplikasi komunikasi inbound dan outbound di semua channel komunikasi, channel integration dengan single database, serta pilihan channel yang lengkap (voice, SMS, email, OTT chat, RTC chat, social media).

Manfaat :

  • Channel komunikasi yang terintegrasi dimana history interaksi dengan pelanggan dapat dilihat disemua channel komunikasi
  • Mudah melakukan upselling, sales promotion, maupun retention program dengan data history transaksi & interaksi yang terintegrasi

Sales Analytics merupakan solusi layanan CRM Analytics yang membantu perusahaan melakukan monitoring serta menganalisa performansi sales, profil dan perilaku customer sehingga dapat merekomendasikan campaign yang tepat berdasarkan hasil dari analisa tersebut dan pada akhirnya dapat membantu meningkatkan jumlah serta nilai transaksi customer.

Fitur :

  • Sales Performance, meliputi traffic & transaction analysis, performance, dan sales forecasting
  • Customer Analytics, meliputi customer segmentation, customer profile, dan customer behavior  
  • Campaign Management, meliputi content management, target audience, scheduling, channel dan performance

Manfaat :

  • Mendapatkan data perilaku customer untuk menentukan segmentasi dan content campaign yang tepat
  • Mendapatkan insight dan rekomendasi action plan untuk meningkatkan sales serta strategi campaign yang tepat

Social Media Analytics merupakan solusi layanan CRM Analytics yang membantu perusahaan melakukan pengukuran Account Performance (meliputi reach and content performance, engagement measurement, fans segmentation untuk mengukur kinerja suatu campaign pada akun Facebook dan Twitter) serta Brand Monitoring (meliputi conversation monitoring, reach measurement, sentiment analysis, influencer identification untuk mengetahui pembicaraan terhadap sebuah brand pada akun Facebook, Twitter, YouTube, Instagram, blog, dan news digital).

Manfaat :

  • Mengetahui sentiment pasar (baik positif maupun negatif) dan melakukan monitoring aktivitas yang dilakukan competitor
  • Perusahaan dapat menyusun strategi bisnis yang tepat berdasarkan data interaksi para pengguna social media

Customer Voice Management merupakan solusi layanan CRM Analytics yang membantu perusahaan memanfaatkan data interaksi perusahaan dengan pelanggan sehingga perusahaan dapat dengan mudah dan cepat mengetahui suara pelanggan dari berbagai channel interaksi dan membuat keputusan yang tepat untuk memperbaiki permasalahan yang terjadi. Solusi ini dilengkapi dengan topic & sentiment analysis, advance insight reporting & root cause analysis, multichannel interaction, serta data integrator.

Manfaat :

  • Memberikan customer experience yang lebih baik melalui penanganan gangguan yang cepat
  • Feedback management dapat dilakukan secara otomatis

Order Management System merupakan solusi layanan CRM untuk memastikan aktivitas sales perusahaan berjalan dengan efisien dan efektif guna meningkatkan layanan kepada customer yang dilengkapi dengan fitur order info & taking, online payment, automatic order to store, dispatching, promotion banner, dan click to dial client delivery.

Solusi ini meliputi Order Management (digital commerce platform yang terintegrasi dengan fitur payment, digital campaign, analisis, serta live chat dan chatbot untuk pemesanan 24 jam), Store Management (inventory management, mobile POS, modul analytic), serta Delivery Management (berkolaborasi dengan O2O players dan terintegrasi dengan sistem tracking).

Manfaat :

  • Meningkatkan kredibilitas dengan kemudahan layanan digital touch point dan online payment
  • Dapat memasarkan produk terbaru serta melakukan promo melalui mobile application
  • Dapat memanfaatkan data history transaksi untuk campaign/pengembangan produk

CRM Walk In merupakan solusi layanan CRM yang menyediakan media interaksi tatap muka perusahaan (customer service) dengan pelanggan untuk memecahkan masalah dengan tingkat kompleksitas sedang hingga tinggi, yang juga dilengkapi dengan prosedur layanan operasional yang sederhana dan efektif serta dukungan teknologi yang mudah digunakan.

Solusi ini dilengkapi dengan queue management, problem handling, transaction, information seeking, survey (mobile apps & SMS), serta real time dashboard.

Manfaat :

  • Menyediakan sistem secara menyeluruh mulai dari infrastruktur, aplikasi, agent dan site dengan pelaksanaan operasional sehari-hari
  • Perusahaan dapat dengan mudah melakukan persuasi upselling, sales promotion, maupun retention program ke pelanggan

Market Research merupakan solusi layanan market survey yang membantu perusahaan merumuskan strategi pemasaran dalam merebut peluang pasar melalui kegiatan desain, pengumpulan, analisis dan pelaporan yang sistematis atas data dan segala penemuan yang relevan dengan situasi pemasaran tertentu yang dihadapi perusahaan.

Solusi ini dapat dilakukan dengan pilihan metode quantitative research tools (meliputi face-to-face interview dan mystery shopping), serta qualitative research tools (meliputi focus group discussion dan in-depth interview).

Manfaat :

  • Mendapatkan informasi akurat sehingga dapat menjelaskan situasi pasar secara obyektif
  • Menggunakan metode yang tepat dalam pengumpulan dan analisis data riset

Telesurvey merupakan solusi layanan market survey yang membantu perusahaan melakukan penelitian menggunakan telepon, menanyakan pertanyaan kuisioner/wawancara dengan tujuan untuk mengetahui siapa mereka, apa yang dipikirkan, rasakan, atau kecenderungan tindakan/pengambilan keputusan. Melalui telesurvey, perusahaan dapat mengontrol tahapan pengisian kuisioner, dapat melakukan pertanyaan lanjutan probing, serta memungkinkan untuk format pertanyaan yang lebih kompleks.

Manfaat :

  • Mendengarkan dan mengatasi keluhan yang dialami pelanggan setelah menggunakan produk/layanan perusahaan
  • Menjangkau pelanggan dalam jumlah banyak dengan cakupan geografis yang luas, waktu singkat serta tingkat respon yang tinggi

Virtual Reality (VR) merupakan solusi layanan yang mengadopsi teknologi Virtual dan Augmented Reality (AR) untuk memaksimalkan potensi bisnis seperti presentasi produk, simulasi dan training karyawan serta aplikasi pembuatan produk. Solusi ini memungkinkan perusahaan memberikan digital experience berupa interaksi digital dengan lingkungan maya yang disimulasikan komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut.

Solusi ini meliputi VR 360 Photo, VR 3D Render, VR 3D Interactive, VR 360 Video, VR Entertainment, VR Drone, AR Interactive, dan AR Wayfinding.

Manfaat :

  • Meningkatkan digital experience dengan tampilan imersif yang dapat memaksimalkan presentasi perusahaan
  • Hasil VR maupun AR berupa embed link yang dapat ditampilkan di website maupun di aplikasi perusahaan

Punya pertanyaan atau ingin berdiskusi lebih jauh tentang solusi dan layanan dari Telkom Digital Solution?