Enterprise Solution

Partner bisnis yang tepat untuk Anda

Penggunaan teknologi wujudkan peluang baru bagi dunia bisnis. Kami akan terus melakukan inovasi seiring dengan perkembangan teknologi digital untuk kemajuan bisnis Anda. Menjadi sebuah kebanggaan saat kita dapat tumbuh bersama melalui inovasi yang diakui tidak hanya di dalam negeri, tapi juga di kancah internasional.

Saya tertarik

ICT System Integration

Solusi ICT System Integration mendukung proses bisnis perusahaan berjalan dengan efektif dan efisien. Solusi ini mencakup solusi Application Platform, Sales Distribution & Supply Chain Management, serta Big Data Analytics Solution.

Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan solusi layanan application platform yang digunakan untuk perencanaan dan pengelolaan sumber daya perusahaan, yang mencakup aspek keuangan dan akuntansi, payroll, SDM, pembelian, penjualan, anggaran, material, dan semua kapasitas lain yang mempengaruhi manajemen perusahaan.

Fitur :

  • Finance Management System, modul untuk mengumpulkan data keuangan dan membuat laporan keuangan yang dibutuhkan
  • Project Monitoring System, modul untuk melakukan monitoring proyek (timesheet, persediaan, pengeluaran, pembelian, anggaran) dalam satu sistem
  • Procurement & Sourcing, modul untuk merampingkan proses pengadaan (purchase requisition, purchase order, material receipt, invoice)
  • Sales & Marketing, modul yang meliputi purchase requisition, lead & opportunity management dan sales management
  • Supply Chain Management System, modul untuk manajemen rantai pasokan (persediaan, warehouse, sales order, return order, delivery order, manajemen mutu)
  • Asset Management (AMS), modul untuk mengetahui kondisi aset agar dapat memaksimalkan life cycle dan meng-utilisasi aset secara maksimal
  • HR Management System, modul pengelolaan SDM (informasi kontak, payroll, absensi, evaluasi kinerja, promosi, penghargaan, sanksi)

Manfaat :

  • Mengintegrasikan semua proses bisnis sehingga pengolahan data menjadi lebih cepat, mudah, dan akurat
  • Menekan biaya operasional dengan menghilangkan keterlambatan informasi dan komunikasi
  • Analisis data dan pelaporan dapat dilakukan secara real time

e-Ticketing merupakan solusi layanan application platform berupa sistem tiket elektronik untuk menggunakan moda transportasi, ataupun digunakan sebagai tiket masuk lokasi wisata, akses masuk gedung (perkantoran, mall, apartemen, hotel, gedung parkir, dll) yang juga dapat diintegrasikan dengan uang elektronik. Solusi ini meliputi gate system, electronic payment, dan contactless smart card.

Manfaat :

  • Mengurangi fraud karena semua proses & transaksi tercatat secara sistem
  • Analisis data pengunjung, pelaporan dan evaluasi dapat dilakukan secara real time
  • Adanya access control system untuk meningkatkan keamanan
  • Adanya visitor registration system yang dapat terintegrasi dengan building security system

Digital Tax Hub merupakan solusi layanan application platform berupa ICT Hub dalam Digital Tax Ecosystem yang meliputi eFaktur Host to Host – eVAT (layanan eFaktur PPN Host to Host Wajib Pajak Badan), ePPT – eBUPOT WTH (layanan bukti potong elektronik Wajib Pajak), PPH Host to Host (layanan pelaporan PPH Host to Host Wajib Pajak), serta ePayment & eBilling (layanan pembayaran pajak) yang juga dapat diintegrasikan dengan sistem Enterprise Resources Planning (ERP) perusahaan.

Manfaat :

  • Mendukung fungsi Financial Audit dan memudahkan proses restitusi
  • Kemudahan integrasi dengan ERP perusahaan
  • Teknologi Micro-Services dan Queing sebagai jaminan kecepatan & akurasi
  • Dashboard monitoring yang terintegrasi
  • Jaminan keamanan (End to End Data Security)
  • Sharing biaya infrastruktur (hardware, software, connectivity)

Integrated Core Banking Solution merupakan solusi layanan application platform berupa sistem perbankan dengan modul yang saling terintegrasi sehingga memungkinkan transaksi online antar cabang serta pelaporan operasional dan keuangan yang sesuai ketentuan regulasi perbankan nasional.

Solusi ini meliputi pencatatan data nasabah baru, pembukaan rekening tabungan, giro, deposito, penarikan dan penyetoran uang tunai, pencairan pinjaman, transaksi valuta asing, transfer antar bank, transaksi general ledger (pembukuan), pelaporan (internal dan eksternal), interface dengan sistem pendukung dan proses lainnya yang dijalankan oleh Bank.

Fitur :

  • Time Deposit, pengelolaan rekening deposito dengan perhitungan bunga berdasarkan nominal dan jangka waktu
  • Remittance, memudahkan transfer uang valuta asing baik incoming maupun outgoing
  • Current & Savings Account, rekening tabungan dengan berbagai parameter
  • GUI (Graphic User Interface), kemudahan untuk mengakses aplikasi melalui web browser
  • CIF (Customer Information File), pencatatan data nasabah berdasarkan kelompok perorangan/perusahaan
  • Loan, dengan berbagai variasi pembayaran angsuran bagi perorangan/perusahaan
  • Signature Verification System, kemudahan untuk melakukan verifikasi terhadap tanda tangan nasabah
  • SDB (Safe Deposit Box), kemudahan untuk pengaturan penggunaan safe deposit box
  • Funding, Financing & Inventory, fasilitas untuk menjalankan skema funding, financing dan inventory
  • Nostro Account, rekening valuta asing Bank yang ada pada Bank koresponden di luar negeri
  • General Ledger, Flexible COA (Chart of Accounts), Multi Currency (jual beli valas) dan revaluasi

Manfaat :

  • Membantu Bank secara mudah dan cepat dalam pengembangan produk dan layanan serta ekspansi bisnis
  • Memberikan kemudahan dan digital customer experience dengan akses perbankan yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun
  • Otomasi seluruh unit operasional Bank sehingga menjadi lebih efisien dan mudah diintegrasikan dengan sistem lain

Integrated Talent Management System (ITMS) merupakan solusi layanan application platform berupa pengelolaan talent perusahaan secara terpadu, dengan tujuan agar dapat diciptakan dan dikembangkan talent yang akan menjadi penggerak bisnis perusahaan, serta transparansi dan obyektivitas pengelolaan karir karyawan.

Modul dalam ITMS meliputi Talent Management (untuk pengelolaan talent yang ada pada perusahaan mulai dari Talent Sourcing sampai dengan Talent Clustering) serta Career Management (membantu perusahaan mencari nominasi yang tepat untuk sebuah posisi, serta karyawan lebih aktif secara langsung mengaspirasikan keinginan berkarir pada perusahaan).

Manfaat :

  • Pengelolaan talent perusahaan menjadi lebih sistematis
  • Meningkatkan keaktifan karyawan dalam menentukan karirnya di perusahaan
  • Karyawan dapat mengetahui penilaian pada proses karir secara transparan

Employee Self Service Portal merupakan solusi layanan application platform berupa portal karyawan perusahaan untuk mengelola kehadiran, aktivitas kerja serta berbagi informasi/ide, yang dapat diakses dalam 2 platform yaitu mobile apps maupun web apps sehingga tata kelola absensi karyawan yang lebih efektif, data reliable dengan dashboard interactive, serta efisiensi biaya operasional perusahaan.

Portal ini dilengkapi dengan fitur manajemen presensi, broadcast message, social media monitoring, booking management, employee care management, personal data verification, serta user management.

Custom Application Platform merupakan solusi layanan application platform perusahaan yang terintegrasi dan spesifik sesuai kebutuhan, diantaranya meliputi Sistem Informasi Akademik (aplikasi untuk memudahkan proses administrasi akademik kampus secara online), Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (sistem informasi berbasis cloud yang digunakan oleh pasien, farmasi maupun asuransi), Hotel Management System (aplikasi manajemen hotel dan layanan kamar berbasis web dan mobile yang terintegrasi), Service Desk Management (aplikasi monitoring aktivitas Engineer On Site), Application Programming Interface Services (interface yang memungkinkan produk/service/software melakukan “komunikasi”).

Mobile Workforce Management merupakan solusi layanan sales distribution & supply chain management berupa sistem aplikasi mobile dan web berbasis cloud untuk memenuhi kebutuhan pengelolaan tenaga kerja lapangan seperti tenaga sales/marketing, surveyor, dan collection dalam melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun. Aplikasi ini dapat melakukan pemantauan lokasi dan kinerja tenaga kerja lapangan, pengiriman order penjualan atau pemberian layanan kepada pelanggan secara tepat dan akurat, serta broadcast & personal message.

Manfaat :

  • Lebih cepat dan mudah dalam mendistribusikan pekerjaan
  • Mengelola dan memantau pekerjaan karyawan lapangan maupun team sales
  • Meningkatkan produktivitas dan customer experience

Warehouse Management System merupakan solusi layanan sales distribution & supply chain management berupa sistem aplikasi pengelolaan gudang secara optimal meliputi informasi transaksi, inventory dan jumlah stock secara real time, mengatur lokasi penyimpanan barang, serta mengelola distribusi barang. Aplikasi ini berbasis web dan cloud sehingga mudah digunakan dan relatif cepat dalam implementasi, serta terintegrasi dengan peralatan gudang yang lain, seperti barcode printer dan handheld.

Fitur :

  • Receiving Planning, perencanaan penerimaan barang, pengecekan jenis barang dan kuantitas, alokasi rak penyimpanan barang
  • Barcode Process, labelling barang masuk dan keluar menggunakan barcode yang terintegrasi dengan device barcode reader/scanner
  • Count & Quality Control, menghitung stock secara sistem dan pengendalian kualitas barang di gudang
  • Good Receive Notes (GRN), membuat Surat Penerimaan Barang secara otomatis melalui sistem
  • Pick, memudahkan mengambil barang, dengan opsi FIFO, LIFO, FEFO, dan manual
  • Pack, membantu pengepakan barang yang akan keluar dari gudang
  • Delivery Order (DO) Notes, membuat Surat Pengeluaran Barang secara otomatis dari sistem
  • Invoice, membuat invoice untuk semua aktivitas barang di gudang
  • Intelligent Report, report aktivitas gudang dalam bentuk grafis yang mudah dipahami

Manfaat :

  • Mempercepat lead time proses secara tersistem dan online
  • Mengetahui semua transaksi, inventory dan jumlah stok secara cepat, akurat, dan real time
  • Menyediakan visibilitas layanan bagi para pihak secara end to end

Fleet Management System merupakan solusi layanan sales distribution & supply chain management berupa sistem aplikasi untuk mengelola dan monitoring armada logistik, seperti truk, mobil box, trailer, container, dan kendaraan lainnya. Layanan ini menggunakan teknologi tracking GPS dan GSM yang juga dilengkapi dengan sensor tambahan untuk monitoring sensor bahan bakar, suhu, serta pintu.

Fitur :

  • Track Now, mendapatkan posisi visualisasi peta untuk single maupun multiple kendaraan secara real time
  • Trace History, mendapatkan histori perjalanan dari setiap kendaraan untuk dapat dianalisis
  • Vehicle Ranking Report, menampilkan ranking vehicle berdasarkan KPI yang telah ditetapkan
  • Asset Monitoring Dashboard, overview status kendaraan (available, occupied, under maintenance, pending for installation, dan GPS under maintenance)
  • Advance Trip Analysis Report, menampilkan data perjalanan seperti durasi perjalanan, jarak tempuh, kecepatan tertinggi, rata-rata kecepatan
  • Zone Management, mengelola dan mengatur pergerakan kendaraan sesuai zona yang telah didefinisikan
  • Asset Maintenance Management, menginformasikan jadwal jatuh tempo maintenance kendaraan seperti ganti oli mesin, dll
  • Job Management, mengatur job order mulai dari perencanaan pengiriman, keberangkatan, pengambilan serta pengiriman barang

Manfaat :

  • Integrated Service, didesain untuk dapat diintegrasikan dengan aplikasi lainnya
  • Cloud Computing, menjamin kehandalan serta dapat diakses kapan dan dimana saja
  • Meningkatkan efisiensi biaya operasional dan produktivitas armada
  • Monitoring posisi kendaraan dan penggunaan bahan bakar secara real time

e-Commerce Platform merupakan solusi layanan sales distribution & supply chain management yang memberikan kemudahan untuk mengelola toko online dan offline serta mengembangkan bisnis dibanyak market place hanya dalam satu platform.

Dengan menggunakan platform ini, perusahaan dapat mengelola pesanan reseller dan pelanggan secara sekaligus, serta mendapatkan keuntungan pengelolaan operasional yang lebih efektif di berbagai channel penjualan yang terhubung dalam satu dashboard.

Distribution System merupakan solusi layanan sales distribution & supply chain management berupa aplikasi back office yang memberikan kemudahan untuk mengelola distributor sales dan distribution operations sehingga produktivitas dan efisiensi bisnis perusahaan dapat meningkat. Dengan ini, perusahaan dapat mempercepat kegiatan operasional bisnis, serta lebih fokus pada kegiatan controlling, bukan lagi administration tasks.

Solusi ini dilengkapi dengan fitur Route & Delivery Management, Operation Control, Mobile Distribution, serta Reporting System.

ID Verification merupakan solusi layanan big data analytics untuk melakukan validasi lokasi tempat tinggal, lokasi kantor dan tingkat keaktifan seseorang berdasarkan data seluler.

Secara umum, proses yang dilakukan adalah membandingkan kecocokan pengisian lokasi rumah dan kantor dengan lokasi keberadaan aktivitas data seluler menggunakan nomor seluler yang didaftarkan. ID Verification sangat cocok untuk digunakan di segmen industri banking, insurance dan financial services.

Manfaat :

  • Broad range of data source dari provider seluler di Indonesia
  • Mempercepat waktu proses verifikasi dan validasi data peminjam
  • Meningkatkan efisiensi biaya pemrosesan validasi data peminjam
  • Tingkat keakuratan tinggi diatas 80%

GIS Analytics merupakan solusi layanan big data analytics berupa sistem informasi geospasial berbasis web yang memungkinkan pengguna membuat data dan analisis geospasial multi layer yang lebih jelas dan detil, serta melakukan monitoring secara online dan real time. Solusi ini juga dapat melakukan setting lokasi di peta dan memberikan insight pada lokasi tertentu. Teknologi ini biasanya digunakan untuk investigasi ilmiah, pengelolaan sumber daya, perencanaan pembangunan, kartografi, dan perencanaan rute.

Selain itu, GIS Analytics juga dilengkapi dengan fitur online dashboard, mobile responsive, API untuk integrasi data, dan visualisasi dalam bentuk peta.

People Movement merupakan solusi layanan big data analytics yang digunakan untuk melakukan pemantauan dan analisis demografis pengunjung berdasarkan socio economic status, umur, gender dan origin, yang dilengkapi dengan data processing sesuai kebutuhan serta custom online dashboard serta laporan secara periodik.

Manfaat :

  • Melakukan monitoring pergerakan pelanggan, penduduk dan lainnya
  • Memperoleh gambaran data yang akurat tentang pergerakan tersebut
  • Memperoleh profil demografis berdasarkan kategori tertentu

Health Profilling Analytics merupakan solusi layanan big data analytics yang menyediakan profile informasi kesehatan pasien/karyawan perusahaan yang diolah secara sistematis dan komprehensif. Hasil analisa data ini memberikan informasi identifikasi tren kesehatan serta perilaku pasien/karyawan perusahaan.

Hal ini bermanfaat bagi perusahaan dalam pengambilan keputusan strategis, merumuskan rencana promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif guna meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan serta meminimalisir risiko.

Fitur :

  • Disease Management, mengklasifikasikan tren kesehatan karyawan berdasarkan data history kesehatan karyawan
  • Medical Case Management, memastikan pelayanan medis sesuai dengan protokol dan skema manfaat yang disepakati
  • Provider Management, informasi provider kesehatan sehingga pelayanan tetap berkualitas dengan biaya kompetitif
  • Medication Management, kesesuaian & keamanan penggunaan obat, terutama untuk penyakit yang berisiko tinggi

Manfaat :

  • Membantu pengambilan keputusan strategis untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan
  • Memberikan pemahaman mendalam mengenai tren kesehatan serta perilaku/gaya hidup pasien/karyawan perusahaan
  • Menjadi acuan/referensi dalam menciptakan produk jaminan kesehatan

Punya pertanyaan atau ingin berdiskusi lebih jauh tentang solusi dan layanan dari Telkom Digital Solution?