Enterprise Solution

Partner bisnis yang tepat untuk Anda

Penggunaan teknologi wujudkan peluang baru bagi dunia bisnis. Kami akan terus melakukan inovasi seiring dengan perkembangan teknologi digital untuk kemajuan bisnis Anda. Menjadi sebuah kebanggaan saat kita dapat tumbuh bersama melalui inovasi yang diakui tidak hanya di dalam negeri, tapi juga di kancah internasional.

Saya tertarik

Data Center & Cloud Services

Infrastruktur Teknologi Informasi (TI) telah menjadi bagian penting dalam bisnis perusahaan. Inilah sebabnya perusahaan mencari solusi layanan data center dan cloud yang aman dan handal, dengan ketersediaan koneksi yang tinggi.

Colocation merupakan solusi layanan Data Center yang menawarkan space untuk rak perangkat IT perusahaan di ruang tersendiri (dedicated colocation) maupun di ruang berbagi (share colocation), yang didukung oleh infrastruktur yang memadai seperti sistem listrik, pendingin, dan keamanan. Penyedia layanan colocation bertanggungjawab terhadap pemantauan dan pemeliharaan infrastruktur data center. Pilihan data center berlokasi di Singapura, Hong Kong, dan Indonesia (Serpong, Sentul, Surabaya) yang terhubung ke jaringan internet global serta didukung oleh konektivitas kabel bawah laut yang seamless.

Fitur :

  • Cross Connect, berupa layanan interkoneksi dalam gedung data center menggunakan kabel FO (Fiber Optic) atau UTP
  • Remote/Smart Hands, untuk membantu perusahaan melakukan tugas sederhana, seperti melihat status indikator perangkat di rak
  • Software Defined Network, berupa virtualisasi infrastruktur network dan security yang meliputi switch, router, firewall dan load balancer
  • Backup/Restore, untuk melakukan proses backup/restore aplikasi atau data perusahaan menggunakan tools dan prosedur tertentu
  • Tape Safe Keeping, berupa layanan penyimpanan media tape backup yang dilengkapi sistem keamanan seperti kontrol akses, CCTV, serta PAC
  • Communication Link, berupa penyediaan link private dan link public  dilengkapi monitoring, penanganan insiden, dan laporan performa layanan
  • Batch Process, berupa layanan proses yang dikerjakan dalam satu rangkaian berurutan seperti proses beginning of day, end of day, dst
  • Working Room, berupa penyediaan ruang kerja untuk perusahaan baik dedicated working room maupun shared working room

Manfaat :

  • Tidak memerlukan investasi besar untuk membangun data center in-house 
  • Perusahaan dapat memastikan kontinuitas bisnis dengan jaminan keamanan dan kehandalan jaringan
  • Dilengkapi dengan sistem keamanan fisik, proteksi kebakaran, monitoring dan pemeliharaan infrastruktur

Site Construction merupakan solusi layanan untuk menentukan kebutuhan spesifik perusahaan terkait data center termasuk retrofit atau pembangunan data center baru dengan standar internasional, sekaligus melakukan desain data center (yang meliputi arsitektur, mekanikal, elektrikal, keamanan fisik, keselamatan, dan sistem monitoring).

Disaster Recovery Planning merupakan solusi layanan Data Center berupa uraian yang komprehensif tentang sejumlah rencana tindakan yang harus dilakukan sebelum, selama, dan setelah terjadinya suatu bencana/disaster di data center. Rencana tindakan ini harus terdokumentasi dan teruji untuk memastikan kelangsungan operasional dan ketersediaan sumber daya yang kritis pada saat terjadinya suatu bencana.

Manfaat :

  • Meminimalkan gangguan layanan serta kerugian (keuangan) yang terjadi
  • Menjamin sistem yang selalu siap on dan dapat diandalkan
  • Mempercepat pengambilan keputusan saat terjadi situasi disaster

IaaS (Infrastructure as a Service) merupakan solusi layanan cloud yang menyediakan infrastruktur virtual server (CPU & RAM, storage dan network) yang dapat digunakan dalam berbagai kebutuhan seperti production system, development, testing dan backup atau disaster recovery.

Solusi layanan IaaS diantaranya meliputi Storage as a Service (StaaS), Virtual Data Center (vData Center), Virtual Machine (vMachine), Backup as a Service (BaaS), serta Disaster Recovery as a Service (DRaaS).

Manfaat :

  • Komputasi yang high-level, sistem monitoring, agile deployment dengan skalabilitas
  • Efisiensi biaya perusahaan untuk membangun sebuah aplikasi/solusi/DRC

SaaS (Software as a Service) merupakan solusi layanan aplikasi siap pakai dengan skema pay-per-use yang bisa diakses kapan dan dimana saja melalui internet sehingga menjadi sebuah alat kolaborasi untuk menunjang produktivitas bisnis perusahaan.

Solusi layanan SaaS meliputi layanan e-Office, Email Collaboration Platform, e-Akademik, e-Project, Web Hosting, dan Domain Hosting.

e-Office merupakan solusi layanan SaaS berupa aplikasi yang mampu meningkatkan efektivitas proses manajemen korespondensi bersifat kedinasan, dengan mendigitalisasikan seluruh dokumen berbasis kertas menjadi berbasis elektronik (paperless).

Solusi ini meliputi Manajemen Surat Masuk (modul surat masuk, scan, penomoran & pengaturan agenda, distribusi, disposisi, tracking), Manajemen Surat Keluar (fungsi asisten personal, delegasi jabatan), Basic Configuration (identitas organisasi, pemetaan struktur organisasi & jabatan, notifikasi via email), serta Advance Configuration (pengaturan agenda, proses edit/persetujuan online, tracking, distribusi surat).

Manfaat :

  • Kecepatan proses nota dinas yang dilakukan secara online dan real time
  • Menghemat biaya operasional (kertas, pengiriman dan distribusi)
  • History dan log surat terdokumentasi secara digital

Email Collaboration Platform merupakan solusi layanan SaaS berupa platform kolaborasi yang tidak hanya menyediakan layanan email (baik mengirim ataupun menerima email), namun juga menyediakan banyak fitur kolaborasi (seperti sharing email messages, messages folder, contact, calendars, tasks, briefcase folders/files, Global Address List) yang dapat diakses oleh pengguna dimanapun dan kapanpun.

e-Akademik merupakan solusi layanan SaaS berupa aplikasi berbasis web yang membantu pengelolaan administrasi kegiatan akademik di lembaga pendidikan tinggi (universitas, perguruan tinggi, institut, politeknik, dll) mulai dari pendataan (mahasiswa baru, dosen, fakultas, prodi, mata kuliah, kurikulum, dll), PMB online, e-library, penjadwalan perkuliahan, kegiatan belajar mengajar (presensi/absensi kuliah, pemberian materi, quiz, UAS, UTS, dll), proses akuntansi, manajemen aset, RAB project serta pelaporan.

e-Project merupakan solusi layanan SaaS berupa aplikasi project management yang memungkinkan semua bagian dalam perusahaan melakukan monitoring dan koordinasi menggunakan modul Project Management Tools (monitoring proyek dengan sistem pengukuran dan pelaporan yang telah ditentukan), Communication Tools (menghubungkan semua pihak yang terlibat proyek melalui komunikasi audio & video), serta Social Network Tools (melakukan komunikasi secara efektif dengan pihak terkait dari berbagai level dan jabatan).

Manfaat :

  • Meningkatkan efektivitas pelaksanaan program melalui monitoring dan evaluasi yang terstruktur dan real time
  • Menjadi referensi untuk melakukan tindakan korektif guna memastikan pencapaian target

Web Hosting merupakan solusi layanan SaaS berupa penyediaan ruang (space) server yang digunakan untuk menyimpan data dari sebuah halaman web ataupun aplikasi online agar dapat diakses melalui internet. Semua data dalam dokumen html nantinya disimpan dalam web hosting sehingga dapat diakses dimana saja melalui internet.

Domain Hosting merupakan solusi layanan SaaS berupa penyediaan domain untuk mempermudah user/pengguna dalam mengingat alamat website. Jenis layanan ini meliputi registrasi domain internet, tambahan sub domain, dan transfer domain.

PaaS (Platform as a Service) merupakan solusi layanan cloud untuk platform database dan aplikasi baik web, mobile, hingga pengelolaan logic dan API (Application Programming Interface). Solusi layanan PaaS diantaranya meliputi Private Cloud, Public Cloud, dan Hybrid Cloud.

Private Cloud merupakan solusi layanan PaaS berupa layanan penyediaan infrastruktur IT, database, platform, dll di lokasi perusahaan, sehingga dibutuhkan sumber daya seperti tenaga ahli, ruang untuk penyediaan infrastruktur, biaya investasi, biaya pemeliharaan bulanan, biaya update lisensi & aplikasi, serta private network. Private cloud dikemas secara khusus hanya untuk satu pengguna yang ingin memperoleh full control dan dedicated compute units (CPU & RAM) sehingga mendapatkan performansi yang maksimal.

Public Cloud merupakan solusi layanan PaaS berupa layanan penyediaan infrastruktur IT, database, platform, dan yang lainnya yang disediakan di cloud provider. Perusahaan tidak perlu menyediakan semua hal seperti yang ada di private cloud, perusahaan hanya perlu membayar ke cloud provider dan akses internet.

Manfaat :

  • Perusahaan tidak perlu berinvestasi didepan untuk infrastruktur IT, tenaga ahli, serta biaya pemeliharaan
  • Fleksibel dengan berbagai sistem operasi, bahasa pemrograman, framework, database, dan perangkat
  • Menambah/mengurangi kapasitas storage dengan mudah berdasarkan kebutuhan

Hybrid Cloud merupakan solusi layanan PaaS berupa perpaduan antara kapabilitas layanan public cloud dan private cloud. Perusahaan dapat merasakan keunggulan dari fleksibilitas yang didapat dari public cloud dan keamanan dari private cloud. Atau dengan kata lain, perusahaan dapat dengan bebas menentukan keberadaaan data dan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan, baik berada di Indonesia maupun di luar negeri untuk kemudahan serta fleksibilitas.

Manfaat :

  • Perusahaan dapat fokus pada aplikasi sehingga dapat men-deliver layanan baru dengan cepat dan dapat diandalkan
  • Biaya investasi sesuai dengan kemampuan teknologi dan dapat mengurangi biaya investasi (CAPEX) secara keseluruhan
  • Fleksibilitas memilih public atau private cloud untuk deployment serta mengurangi resiko sistem tidak customized

Cloud Consulting merupakan solusi layanan konsultasi untuk membantu perusahaan memutuskan model cloud yang optimal yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan perusahaan.

Solusi ini meliputi Cloud Strategy (mengembangkan strategi dan roadmap cloud perusahaan), Cloud Assessment (penilaian roadmap kesiapan cloud dan kecocokan dengan sistem eksisting), Cloud Migration Design (merancang dan merencanakan migrasi beban kerja perusahaan ke sistem cloud), serta Cloud Migration/Execution (memindahkan beban kerja perusahaan ke cloud menggunakan strategi migrasi terbaik).

Manfaat :

  • Perusahaan mendapatkan insight yang sesuai dengan bisnis perusahaan, tanpa menimbulkan resiko yang tinggi
  • Membantu perusahaan memindahkan beban kerja menggunakan strategi migrasi terbaik dari sistem apapun ke cloud
  • Perusahaan dapat memastikan data dan software yang dimigrasikan berjalan lancar dan aman

Punya pertanyaan atau ingin berdiskusi lebih jauh tentang solusi dan layanan dari Telkom Digital Solution?