Program

Telkom mendukung pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah di Indonesia dengan berbagai Program yang dapat membantu UMKM untuk mendapatkan akses permodalan, peningkatan kompetensi dan akses ke pasar dagang

Saya tertarik

Rumah BUMN atau RB Telkom merupakan program CSR Telkom untuk membantu UMKM Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan seperti akses permodalan, akses pasar dangan dan peningkatan kompetensi. Dengan adanya program ini UMKM dapat berkolaborasi dengan perusahaan BUMN untuk membangun Ekosistem Ekonomi Digital. RB memberikan akses kompetensi kepada UMKM melalui training, seminar, dan workshop. Akses permodalan dari program kemitraan, kredit usaha rakyat, dan bina lingkungan dari perusahaan BUMN, lalu RB memberikan UMKM akses ke pasar dagang melalui berbagai macam platform, seperti Pasar Digital (multichannel marketplace), Bonum (kasir digital), Qren (pembayaran digital).

Saat ini, Rumah BUMN Telkom telah beroperasi di 43 kota/kabupaten. Lebih dari 5.000 pelatihan telah dilakukan untuk membantu UMKM. Program utama Rumah BUMN Telkom adalah "Go Modern" "Go Digital" dan "Go Online". Go Modern adalah tentang modernisasi bisnis, seperti branding, packaging, finance, ijin usaha, dan lain lain. Setelah itu umkm akan memasuki level Go Digital, dimana umkm akan belajar tentang digitalisasi bisnis, seperti social media dan beberapa aplikasi digital. Terakhir RB membantu UMKM untuk bergabung di marketplace, agar mereka mampu menjangkau pasar lebih luas di level Go Online. Beberapa umkm yang mampu mencapai level ini dan mempunyai performasi sangat baik, kami sebut sebagai "UMKM Champions"

Sampai sekarang jumlah UMKM yang tergabung dalam RB telkom lebih dari 31.000 UMKM. Dimana 25.200 UMKM atau 81% dari total UMKM yang tergabung, sudah berhasil dipromosikan ke Go Digital, dan 3.744 dari mereka berhasil dipromosikan ke Go Online.

Punya pertanyaan atau ingin berdiskusi lebih jauh tentang solusi dan layanan dari Telkom Digital Solution?