Peringatan Konferensi Asia-Afrika (KAA) ke-60 yang berlangsung di Jakarta dan Bandung telah selesai diselenggarakan. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) telah sukses mengamankan infrastruktur dan layanan ICT selama berlangsungnya event internasional tersebut.

Menkominfo Rudiantara bangga dan sangat mengapresiasi dengan kontribusi Telkom “Kita jaga merah putih dengan memberikan layanan ICT yanga handal. Keberhasilan Media Center adalah keberhasilan bangsa Indonesia terhadap penyelenggaraan KAA,” jelas Rudiantara saat video conference di Bandung kepada petugas Posko KAA di Jakarta.

Media Center berfungsi sebagai pengumpulan informasi dan data dari rangkaian kegiatan KAA untuk menunjukkan keunggulan Indonesia.

Media Center berfungsi sebagai pengumpulan informasi dan data dari rangkaian kegiatan KAA untuk menunjukkan keunggulan Indonesia.

“Jika saya rewel terhadap Telkom mohon dimaklumi, karena hal itu demi keutuhan dan kejayaan bangsa Indonesia,” ungkap Rudiantara.
PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) merupakan satu-satunya BUMN telekomunikasi yang menyediakan layanan ICT kelas dunia untuk KAA ke-60.

Pada penyelenggaran Konferensi Asia Afrika di Jakarta dan Bandung tahun 2015 ini, PT Telkom dan Telkom Group memberikan kecepatan media internet hingga 20 Gbps.

Tidak hanya mendapat apresiasi dari Menkominfo, kontribusi Telkom untuk KAA 2015 dipuji oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Indroyono Soesilo dan Luhut Panjaitan selaku Ketua Panitia Peringatan KAA ke-60 yang juga Kepala Staf Kepresidenan RI.

“Layanannya sangat baik, wartawan banyak yang mengatakan sangat baik. Puncaknya adalah Presiden RI sangat puas waktu meninjau Media Center dan melihat semua fasilitas yang ada di Media Center” ujar Luhut Panjaitan.

Sementara Indroyono Soesilo mengatakan, kontribusi Telkom merupakan suatu upaya yang luar biasa sehingga pengiriman berita serta pertukaran informasi menjadi sangat cepat.

Menanggapi pujian dari berbagai pihak, Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga mengatakan bahwa keberhasilan yang diperoleh ini merupakan hasil kerja keras seluruh jajaran Telkom Group.

“Saya sangat berterima kasih atas kerja keras dan komitmen yang luar biasa dari seluruh karyawan Telkom yang telah siaga sejak awal persiapan untuk membangun dan memastikan kehandalan layanan ICT Telkom selama Peringatan KAA berlangsung. Pengalaman ini akan menjadi pelajaran yang berharga bagi Telkom untuk terus memberikan layanan yang lebih baik lagi,” ungkap Alex.

Selama peringatan KAA ini, Telkom menyediakan layanan ICT yang terdiri dari layanan View, Internet dan Phone (V-I-P) dengan lingkup area yang meliputi Media Center, Accomodation, Security, International Airport dan Venue (M-A-S-I-V) di kawasan Jakarta dan Bandung, yang didukung infrastruktur Switching, Transmission dan Access (S-T-A) dengan jaminan kehandalan layanan mencapai 99,99%. Telkom telah menyiapkan akses internet sebesar 20 Gbps, 500 access point Wifi, 2 News Satelite Gathering dan 15 Communication Mobile Base Station (Combat).(sumber: portal Telkom/ijs)