Dalam serangkaian event tahunan Digital Transformation Expo Pertamina bertemakan “Digitalisus” (baca Digital Is Us) yang dilaksanakan tanggal 29-30 Agustus 2019 di Kantor Pusat Pertamina, Telkom Group sampaikan dukungan Information and Communication Technology (ICT) untuk sektor migas dalam menghadapi tantangan dan peluang di era industri 4.0. Direktur Consumer Telkom Siti Choiriana, Direktur Enterprise & Business Service Telkom Bogi Witjaksono, EVP Divisi Enteprise Service Telkom Judi Achmadi, dan GM Segmen Energy Resource Services DES Telkom Saleh Abdurrahman turut hadir pada saat opening event ini mendampingi Menteri BUMN RI Rini Soemarno.
Dalam sesi DigiTalk (2) bertemakan “Operational Tech (OT) in Oil & Gas”, Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H. Samsu memandu sesi talk show ini dengan panelis SVP Asia Pacific Halliburton Sid Whyte (yang menyampaikan materi Digital Upstream), EVP Asia Pacific Aveva Evgeny Fedetov (yang menyampaikan materi Digital Refinery), dan Direktur Enterprise & Business Service Telkom Bogi Witjaksono (yang menyampaikan materi Digital Downstream).
 
Bogi menyampaikan trend di industri oil & gas, pentingnya perusahaan melakukan transformasi digital serta dukungan ICT Telkom untuk Digital Downstream. Secara detail, Bogi menjelaskan 3 (tiga) area Digital Transformation yang meliputi Customer Experience, Business Operation, dan New Business Model. Dengan fokus pada 3 (tiga) era tersebut, perusahaan akan dapat meningkatkan revenue (Drive Up Revenue), menurunkan cost (Drive Down Cost), serta meningkatkan QoS Customer (Drive Up QoS to Customer). “Dukungan ICT Telkom untuk Transformasi Digital Pertamina meliputi Digitalisasi SPBU, Loyalty Program MyPertamina, Data Center, Vessel Tracking, e-Recruitment, Call Center dan masih banyak lagi yang lainnya. Kami siap mendukung Digitalisasi Pertamina,” ujar Bogi.
 
Dalam partisipasinya pada Digital Transformation Expo Pertamina 2019, Telkom Group juga menampilkan booth SPBU & TBBM Digitalization – Loyalty Program My Pertamina berkolaborasi dengan Pertamina. Aktivitas yang ditampilkan di booth meliputi games digital demo aplikasi My Pertamina, Virtual Reality Digitalisasi SPBU, serta dimeriahkan juga dengan games Kahoot yang menampilkan pertanyaan-pertanyaan seputar aplikasi My Pertamina dan Digitalisasi SPBU.

Melalui kontribusinya dalam Digital Transformation Expo 2019, Telkom Group ingin mempertegas kesiapannya dari segi teknologi industri 4.0 guna mendukung sektor migas Indonesia mengimplementasikan teknologi dan infrastruktur yang handal untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan seiring perkembangan market yang kian kompetitif.