KERANGKA PROGRAM TJSL TELKOM
Telkom telah menjalankan kebijakan dan strategi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) melalui Program utama “SHARE” yang sejalan dengan nilai utama GCG & ISP 26000 untuk mendukung pencapaian target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), dengan rincian sebagai berikut:
Program TJSL menjadi salah satu upaya Telkom untuk berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat secara berkelanjutan. Melalui Program TJSL, Telkom menjalankan Langkah strategis dalam bidang sosial dan lingkungan guna mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), yaitu :
Penyelenggaraan program TJSL dilaksanakan secara efektif melalui peningkatan Kerjasama sinergi internal Telkom Group maupun eksternal melalui institusi/lembaga yang terkait dengan bidang TJSL. Telkom mendorong peran aktif masyarakat dan pemangku kepentingan terkait lainnya, sehingga program-program TJSL BUMN dapat memberikan kontribusi yang positif kepada masyarakat, termasuk dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian.
Sejak tahun 2016, Telkom mengimplementasikan layanan pengajuan pinjaman dana Progam Kemitraan melalui website SmartBisnis serta pembayaran angsuran melalui virtual account bank yaitu Bank Mandiri dan Bank BNI. Mulai tahun 2017, Telkom menerapkan perluasan metode pembayaran angsuran melalui virtual account lewat sinergi dengan Entitas Anak yaitu PT Finnet Indonesia sebagai aggregator payment point non-bank dan payment point antara lain PT Pos Indonesia, PT Pegadaian, dan gerai mini market.
Pada tahun 2018, Telkom melakukan inovasi berupa Smart Survey yang berfungsi untuk membantu proses survei usaha calon mitra binaan dalam upaya meningkatkan tingkat validitas dan akurasi calon mitra binaan. Inovasi lainnya yaitu SMS Reminder, sebagai fasilitas bagi mitra binaan aktif untuk dapat memperoleh informasi tagihan dan notidikasi terkait pelunasan pinjaman.
Sepanjang tahun 2019, Telkom kembali melakukan berbagai terobosan dalam aspek digitalisasi proses bisnis TJSL, termasuk di dalamnya adalah Dashboard TJSL sebagai pusat pelaporan data pengelolaan program TJSL dan aktivasi Helpdesk TJSL sebagai kanal komunikasi antara pengelola program TJSL dan mitra binaan. Selanjutnya, pada tahun 2021, Telkom melakukan digitalisasi pengelolaan Program Pendanaan UMK mulai dari bantuan modal UMK sampai dengan monitoring pengembalian pinjaman melalui implementasi UKM Access. Melalui aplikasi UKM Access dimungkinkan integrasi segmen UMK, dalam rangka menghadirkan proses pengajuan Program Pendanaan UMK Telkom bagi calon mitra binaan menjadi semakin mudah, cepat, dan paperless. Semua upata digitalisasi pengelolaan program TJSL ditujukan untuk memberi pengalaman kepada UMK dalam mengaskes layanan keuangan serta menjamin transparensi dan akuntabilitas dalam pengelolaan program TJSL yang tersebar hingga ke daerah terluar, tertinggal, dan terdepan di seluruh wilayah Indonesia.