Program CSR

KERANGKA PROGRAM TJSL TELKOM

Telkom telah menjalankan kebijakan dan strategi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) melalui Program utama “SHARE” yang sejalan dengan nilai utama GCG & ISP 26000 untuk mendukung pencapaian target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), dengan rincian sebagai berikut:

  1. Sustaining digital community education to spport crowdsourcing proliferation
    Mendorong keberlanjutan klaster digital Pendidikan melalui perintisan digitalisasi edukasi masyarakat, talenta Indonesia, dan infrastruktur digital untuk inklusi Pendidikan.

     
  2. Harnessing SME digital transformation to drive economic growth
    Mengoptimalkan klaster digital UMK melalui pembentukan UMK Millenials, peningkatan kapasitas UMK Binaan berdasarkan pendekatan Go Modern – Go Digital – Go Online – Go Global, pengembangan digital platform UMK, dan peningkatan kualitas salur dan collection.

     
  3. Accelerating synergy initiative to foster smart digital ecosystem
    Mewujudkan digitalisasi aspek kehidupan masyarakat menuju klaster masyarakat digital melalui sinergi kelembagaan, penggelaran infrastruktur ekosistem desa digital, dan pemberdayaan komunitas.

     
  4. Revitalizing excellent TJSL digitalization and data analytics
    Memperkuat upaya digitisasi dan digitalisasi pengelolaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan melalui peningkatan dan pemeliharaan sistem informasi, pemanfaataan data analytics dan decision support system dalam pengambilan keputusan strategis.

     
  5. Enabling strong TJSL branding governance, & reporting management
    Menyelaraskan implementasi tata Kelola dan kepatuhan serta peningkatan positive image TJSL perusahaan melalui pengelolaan mutu dan proses, penguatan komunikasi dan branding, pelaporan kinerja dan pengawalan audit, serta dukungan pelayanan dan operasionalisasi TJSL

Program TJSL menjadi salah satu upaya Telkom untuk berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat secara berkelanjutan. Melalui Program TJSL, Telkom menjalankan Langkah strategis dalam bidang sosial dan lingkungan guna mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), yaitu :

  1. Bantuan sosial kemasyarakatan dalam rangka pengentasan kemiskinan;
  2. Program penanggulangan kelaparan dan menghilangkan segala bentuk kekurangan gizi;
  3. Dukungan penanggulangan pandemi COVID-19;
  4. Dukungan infrastruktur digital untuk inklusi Pendidikan;
  5. Edukasi talenta digital untuk mendukung peningkatan literasi digital nasional;
  6. Bantuan sarana sanitasi dan air bersih;
  7. Pemberdayaan usaha mikro dan usaha kecil;
  8. Bantuan infrastruktur dan sarana umum;
  9. Pengembangan desa binaan unggulan;
  10. Program pengembangan pemukiman berkelanjutan;
  11. Bantuan penanganan perubahan iklim;dan
  12. Pencegahan kekerasan dan memerangi terorisme .

Penyelenggaraan program TJSL dilaksanakan secara efektif melalui peningkatan Kerjasama sinergi internal Telkom Group maupun eksternal melalui institusi/lembaga yang terkait dengan bidang TJSL. Telkom mendorong peran aktif masyarakat dan pemangku kepentingan terkait lainnya, sehingga program-program TJSL BUMN dapat memberikan kontribusi yang positif kepada masyarakat, termasuk dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian.

  1. Anggaran dan Realisasi TJSL
  2. Digitalisasi Program TJSL

Sejak tahun 2016, Telkom mengimplementasikan layanan pengajuan pinjaman dana Progam Kemitraan melalui website SmartBisnis serta pembayaran angsuran melalui virtual account bank yaitu Bank Mandiri dan Bank BNI. Mulai tahun 2017, Telkom menerapkan perluasan metode pembayaran angsuran melalui virtual account lewat sinergi dengan Entitas Anak yaitu PT Finnet Indonesia sebagai aggregator payment point non-bank dan payment point antara lain PT Pos Indonesia, PT Pegadaian, dan gerai mini market.

Pada tahun 2018, Telkom melakukan inovasi berupa Smart Survey yang berfungsi untuk membantu proses survei usaha calon mitra binaan dalam upaya meningkatkan tingkat validitas dan akurasi calon mitra binaan. Inovasi lainnya yaitu SMS Reminder, sebagai fasilitas bagi mitra binaan aktif untuk dapat memperoleh informasi tagihan dan notidikasi terkait pelunasan pinjaman.

Sepanjang tahun 2019, Telkom kembali melakukan berbagai terobosan dalam aspek digitalisasi proses bisnis TJSL, termasuk di dalamnya adalah Dashboard TJSL sebagai pusat pelaporan data pengelolaan program TJSL dan aktivasi Helpdesk TJSL sebagai kanal komunikasi antara pengelola program TJSL dan mitra binaan. Selanjutnya, pada tahun 2021, Telkom melakukan digitalisasi pengelolaan Program Pendanaan UMK mulai dari bantuan modal UMK sampai dengan monitoring pengembalian pinjaman melalui implementasi UKM Access. Melalui aplikasi UKM Access dimungkinkan integrasi segmen UMK, dalam rangka menghadirkan proses pengajuan Program Pendanaan UMK Telkom bagi calon mitra binaan menjadi semakin mudah, cepat, dan paperless. Semua upata digitalisasi pengelolaan program TJSL ditujukan untuk memberi pengalaman kepada UMK dalam mengaskes layanan keuangan serta menjamin transparensi dan akuntabilitas dalam pengelolaan program TJSL yang tersebar hingga ke daerah terluar, tertinggal, dan terdepan di seluruh wilayah Indonesia.