Bandung, 11 April 2014, Sebagai bentuk dan wujud kepedulian Telkom terhadap lingkungan, Witel Jabar Tengah (Bandung) menggelar program penghijauan melalui penanaman batang pohon mahoni dan sawo di bantaran hulu Sungai Cikapundung kawasan Kecamatan Coblong hingga Cidadap Kota Bandung. Dalam kegiatan ini Witel Bandung didukungan penuh Unit CD Area-3 Jawa Barat dan menggandeng Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Suaka Sungai & Lingkungan Indonesia.

Acara ini dihadiri GM Witel Bandung Soendojo Adi, Manager CD Area-3 Jawa Barat M. Atang Suwanda, R, beberapa Senior LeaderWitel Jabar tengah, Sekretaris Daerah Kota Bandung Erick Hanafiah, Ketua Umum SSLI M. Firdaus. A, para Ketua Rukun Warga dari dua Kecamatan, KODIM 0618/ BS, BPLH Kota Bandung, Dinas Pertamanan, Polrestabes Bandung, Dishut Jawa Barat Siswoyo, serta Organisasi Sosial Kemasyarakatan dan Profesional (Orsosmasminal) Bandung.

“Ketua Umum SSLI M. Firdaus melaporkan bahwa program peduli lingkungan lewat penanaman pohon ini, donasi terbesar didapat dari Witel Jabar Tengah, selebihnya adalah dukungan partisipatif dari Kementerian Kehutanan. Total pohon yang akan ditanam dilokasi bantaran hulu sungai Cikapundung ini sebanyak 600 pohon dengan ketinggian rata-rata berkisar antara 4 hingga 5 meter. Lebih jauh Firdaus mengharapkan agar program lanjutan kedepan dapat dikembangkan untuk penggiatan sektor ekonomi masyarakat sekitar bantaran sungai.

GM Witel Jabar Tengah Soendojo Adi dalam sambutannya mengatakan untuk memakmurkan pelestarian alam salah satu hal yang harus dilakukan adalah dengan menanam pohon. Seluruh insan Telkom tidak hanya berpikir profit oriented bagi perusahaan atau pelanggan. Di sisi lain dan bagian paling penting adalah berfikir bagaimana mengoptimalkan peran dan manfaat eksistensi insan Telkom bagi masyarakat dan lingkungannya.

“Melalui gelaran Bakti Bagi Negeri TelkomGroup turut berkontribusi melalui dukungan bantuan serta sumbangan bagi kemaslahatan masyarakat yang diharapkan dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin,” pungkasnya.

Sementara itu dari Pemerintah Kota Bandung, Sekretaris Daerah Erick Hanafiah mewakili Walikota Bandung Ridwan Kamil yang berhalangan hadir mengatakan, kesadaran seluruh komponen warga Kota Bandung terhadap pelestarian alam melalui penghijauan di bantaran sungai Cikapundung merupakan bukti aksi nyata partisipasi dari masyarakat dengan dukungan penuh dari pihak Perhutani dan PT . Telkom dalam hal ini TelkomGroup.

Kearifan seperti ini sambung Erick, perlu terus digalakkan terkait dengan pengelolaan lingkungan, karena tanggungjawab terhadap lingkungan dan pelestariannya tidak hanya tertumpu kepada Pemerintah, seluruh komponen masyarakat, dan institusi merupakan bagian dari lingkungan itu sendiri.