Jakarta, 24 November 2017 - Sebagai perusahaan telekomunikasi nasional yang terus bertransformasi menyesuaikan diri dan unggul dalam persaingan di dalam era telekomunikasi digital dan sesuai dengan semangat untuk selalu memberikan layanan terbaik yang dapat membawa pengalaman pelanggan ke dimensi Live Like Never Before, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali menyelenggarakan Digi Summit TelkomGroup 2017 pada 22 - 23 November di Jakarta.
Digi Summit adalah sebuah acara tahunan untuk memperkenalkan produk teknologi digital terbaru dari TelkomGroup sebagai wujud komitmen perusahaan untuk senantiasa memajukan industri telekomunikasi digital nasional. Selain itu, pada acara ini dilaksanakan juga sharing knowledge oleh mitra dan perusahaan konsultan terbaik yang berkolaborasi bersama TelkomGroup.
Dengan tema “Engage Today to Shape Tomorrow”, TelkomGroup mengajak para peserta summit untuk membangun potensi bisnis di masa mendatang dengan melibatkan pelanggan melalui pemanfaatan produk digital TelkomGroup terkini. Melalui implementasi konsep “engage partner” berupa joint investment dan “engage client”, diharapkan para pelaku industri dapat mengembangkan implementasi Business to Business (B2B) serta membangun masa depan industri teknologi digital yang lebih baik.
"Digi Summit TelkomGroup 2017 merupakan kesempatan yang baik untuk pengembangan kemitraan sekaligus networking. Event ini juga merupakan ajang menambah wawasan dari para pembicara yang merupakan para praktisi industri yang memiliki studi kasus sangat menarik di Indonesia. Misalnya tentang “BigData”, istilah yang sering terdengar sehari-hari, dan bagaimana
memanfaatkannya agar berguna bagi keberlanjutan bisnis Anda," ujar David Bangun, Direktur Digital and Strategic Portfolio.
Pada Digi Summit tahun ini, TelkomGroup menggandeng sejumlah mitra global dan lokal yang mumpuni dalam teknologi digital dengan keahlian spesifik untuk mendukung pengembangan layanan bisnis digital, baik bagi segmen B2C, B2B dan Mediation Portal. Kolaborasi atau kemitraan ini merupakan sebuah langkah strategis TelkomGroup untuk mempercepat terwujudnya transformasi perusahaan menjadi perusahaan telekomunikasi digital. Pada kesempatan ini, TelkomGroup melaksanakan penandatanganan perjanjian kemitraan dengan para mitra terpilih sebagai bentuk kerjasama jangka panjang untuk pengembangan bisnis digital di Indonesia.
Metranet, anak usaha Telkom yang bergerak di bidang mobile content, commerce, online ticketing, dan social network game publishers, melakukan penandatanganan kerjasama dengan beberapa mitra diantaranya Cellum International untuk layanan Fintech, ADW untuk layanan B2B Commerce (Xooply), dan Gameloft, Garena, Blackstrom untuk layanan UPoint Gaming. Sementara itu, Telkom juga melakukan penandatanganan kerjasama dengan Agate untuk pengembangan Gaming Ecosystem.
Layanan Digital Terbaru TelkomGroup
Pada kegiatan Digi Summit 2017, TelkomGroup melakukan soft launching beberapa layanan digital baru untuk pelanggan segmen enterprise dan perorangan, diantaranya Xooply, Xsight, Aim Right, USearch, Hoobex, dan Oona.
Xooply merupakan layanan yang akan memberikan kemudahan kepada perusahaan melakukan transaksi secara online (e-commerce) dan platform B2B e-Marketplace pertama yang akan mengagregasikan kebutuhan pengadaan maintenance, repair, and operations (MRO) dari BUMN, BUMD dan K3S. Dalam platform ini, kemitraan B2B antara pembeli dari BUMN/D dan K3S dengan penyedia barang disolusikan dengan inovasi teknologi e-procurement terkini sehingga pengadaan barang dapat lebih efektif, efisien dan transparan.
Xsight adalah layanan yang diperuntukan bagi developer untuk dapat memanfaatkan sistem link bagi aplikasinya serta analitik Big Data.
Aim Right adalah layanan di bidang advertising untuk memudahkan pelanggan korporasi mengirimkan informasi produk dalam berbagai format melalui aplikasi telepon selular kepada profil pengguna sesuai target penerima informasi.
Selain itu bagi anak-anak dan keluarga Indonesia, TelkomGroup kini telah menyiapkan USearch, yaitu layanan customized browser yang ditujukan untuk melindungi anak-anak dari konten pornografi, cybercrime, rasis dan konten-konten negatif lainnya.
TelkomGroup juga memperkenalkan Hoobex dan Oona yang merupakan layanan “Twin OTT Platform” untuk entertainment. Hoobex akan memanjakan pelanggan dengan layanan videodan music premium dengan cara berlangganan. Sementara itu, Oona adalah layanan yang memiliki puluhan atau ratusan kanal TV/linear channel yang bisa dinikmati pelanggan secara gratis dan berbasis programmatic advertising. Melalui inovasi programmatic advertising, Oona akan mendorong tercapainya industri konten video yang sehat di Indonesia.
Dengan diselenggarakannya Digi Summit 2017, TelkomGroup berharap dapat meningkatkan kualitas bisnis pelanggan dengan prinsip “engage today to shape tomorrow” dan mampu mempercepat transformasi digital di Indonesia dengan kualitas yang lebih baik di masa mendatang.
(Kiri-kanan) Direktur Digital Strategic & Portfolio Telkom David Bangun, Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Agung Harsoyo, SVP Media & Digital Business Telkom Joddy Hernady dan CEO Oona Christopher Hochart (paling kanan) saat berdiskusi di area booth layanan digital Digi Summit TelkomGroup 2017 di Jakarta (23/11).