Pijar TelkomIlustrasi

Fitur Pijar Sekolah juga mendukung penguatan reputasi lembaga pendidikan lewat tata kelola nilai yang transparan.

Jakarta, 1 Juli 2024 - Dalam rangka mendukung digitalisasi di sekolah, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menghadirkan platform digital yang membantu proses belajar mengajar lewat Pijar Sekolah. Pijar Sekolah https://pijarsekolah.id/ merupakan platform pendidikan daring di bawah umbrella brand Leap Telkom Digital yang membuat pengelolaan sekolah dan penyampaian materi pembelajaran lebih efisien, agar siswa dapat menerima pendidikan optimal yang berujung pada penguatan reputasi sekolah.

Di dalam platform pendidikannya, Pijar Sekolah menyediakan berbagai konten pembelajaran yang variatif. Misalnya melalui konten video pembelajaran interaktif, siswa bisa mendapat pemahaman yang lebih mendalam terhadap materi pelajaran berkat visualisasi yang jelas dan menarik. Pijar Sekolah juga menyediakan bank soal yang komprehensif untuk membantu guru dalam menyusun materi ujian yang berkualitas, sekaligus mempermudah guru mengoreksi hasil ujian dengan lebih efisien. Dengan menggunakan Pijar Sekolah, pihak sekolah juga dapat mengurangi konsumsi  kertas dan bahan-bahan lainnya sehingga dapat secara aktif berkontribusi dalam pelestarian lingkungan.

“Melalui Pijar Sekolah, Telkom berkomitmen untuk mengakselerasi pengetahuan dan keterampilan yang relevan bagi siswa. Pijar Sekolah juga mempermudah guru dalam penyusunan materi dan soal ujian bagi siswa, serta membantu sekolah mengelola proses belajar-mengajar yang efisien di dalam satu platform digital. Pijar Sekolah pun mempermudah akses pendidikan yang berkualitas di sekolah sehingga nama baik dan reputasi sekolah ikut meningkat,” ujar EVP Digital Business and Technology Telkom, Komang Budi Aryasa.

Salah satu sekolah di Indonesia yang sudah merasakan manfaat dari Pijar Sekolah adalah SMA Negeri 40 Jakarta. Berkat pemanfaatan Pijar Sekolah, SMAN 40 semakin mudah membuat bank soal, melakukan penjadwalan ujian, hingga melakukan penilaian ujian dengan cepat dan tepat sehingga menghemat waktu koreksi sekaligus membantu mengevaluasi performansi siswa. Tak hanya itu, berkat tata kelola nilai yang transparan, para siswa juga bisa dengan mudah mengetahui nilai yang didapat dan mengevaluasi sendiri kesalahan yang dilakukan saat ujian.

Fitur di dalam Pijar Sekolah juga memungkinkan guru di SMAN 40 untuk melihat kemampuan anak didiknya dalam menjawab semua soal yang diberikan. Guru pun terbantu dalam memprediksi tingkat kesulitan soal yang diberikan sehingga bisa memantau perkembangan setiap siswanya di sekolah. Selain itu, siswa bisa mendapatkan pembahasan lengkap dari materi yang diujikan guru sehingga siswa bisa menguasai semua materi pelajaran dengan baik. Orang tua siswa pun dapat memantau perkembangan nilai anaknya di platform Pijar Sekolah.

Salah seorang siswa kelas XI 2 SMAN 40, Melantika Yura, mengaku kegiatan belajar mengajar setelah menggunakan Pijar Sekolah menjadi lebih efisien dan transparan. Ketika ujian masih dilakukan menggunakan kertas, nilai yang dihasilkan baru bisa diketahui beberapa hari kemudian. Dengan Pijar Sekolah, siswa bisa langsung mengetahui besaran nilainya dan dapat mengetahui letak kesalahannya dengan cepat sehingga menjadi pembelajaran untuk ke depannya.

“Pijar Sekolah sangat membantu karena saat hasilnya langsung keluar bisa langsung dikoreksi letak kesalahannya di mana. Siswa juga bisa mengakumulasikan waktu di Pijar Sekolah sehingga kedepannya saat ujian tidak perlu terburu-buru. Selain itu, orang tua juga bisa memiliki akses untuk mengecek nilai ujian kami para siswa secara langsung berkat Pijar Sekolah,” jelas Yura.

Komitmen Pijar Sekolah untuk mempermudah akses pendidikan yang berkualitas di Indonesia telah dilakukan sejak tahun 2023. Sampai saat ini, pengguna Pijar Sekolah meningkat signifikan hingga lebih dari 1.100 sekolah. Sebagai lokomotif digitalisasi di Indonesia, Telkom melalui Pijar Sekolah berkomitmen untuk mengakselerasi kedaulatan digital di Indonesia khususnya pada sektor pendidikan. Tidak hanya Pijar Sekolah, Leap Telkom Digital juga memayungi berbagai produk dan layanan digital Telkom lainnya yang dapat dilihat di tautan berikut https://leap.digitalbisa.id/#products.

#ElevatingYourFuture