Jakarta, 17 Februari 2016 – PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) bekerjasama dengan Perum Produksi Film Negara (PFN) akan menghidupkan kembali serial “Si Unyil” dengan memanfaatkan teknologi animasi 3D. Serial animasi “Petualangan Si Unyil” tersebut diagendakan tayang melalui UseeTV pada bulan Agustus 2016.

“Serial “Petualangan Si Unyil dalam format animasi 3D ini diselenggarakan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai salah satu bentuk sinergi antar BUMN, dalam hal ini sinergi Telkom dan PFN,” jelas Direktur Innovation and Strategic Portfolio Telkom Indra Utoyo usai Penandatanganan Nota Kesepahaman tentang “Produksi Animasi & Digitalisasi Serial Si Unyil” dengan PFN di Jakarta, Rabu (17/2).

Lebih jauh Indra Utoyo mengatakan, Telkom merasa bangga ikut terlibat dalam proyek yang bisa dikatakan sebagai culture project. “Sebagai King of Digital Telkom mendukung penuh pengembangan industri kreatif di Indonesia,” demikian Indra.

“Kesertaan dalam produksi film animasi Si Unyil ini disamping wujud dari sinergi BUMN, kami juga terus mengupayakan lokal konten agar dapat menjadi tuan rumah di Indonesia dalam era Globalisasi ini,” tegas Indra.

Sementara itu Shelvy Arifin, Direktur Utama PFN mengatakan, “Dengan semangat sinergi dan gotong-royong kami optimis serial ini akan menjadi tontonan dan tuntunan bagi anak Indonesia masa kini. Kedepannya, akan ada beberapa konsep bisnis dalam pengembangan karakter Si Unyil, di antaranya aplikasi games, dan komik.”

Serial Animasi 3D “Petualangan Si Unyil” ini nantinya akan mengambil tema dari peristiwa sehari-hari tetapi disajikan dengan cara cerdas dan berkadar humor tinggi sehingga anak-anak akan lebih banyak menikmati cerita yang kaya dari dunia mereka dengan rasa ke-Indonesia-an.

Selain Telkom dan PFN, pihak lain yang terkait dengan produksi “Petualangan Si Unyil” diantaranya sejumlah rumah produksi animasi serta animator muda terbaik di Indonesia melalui Asosiasi Industri Animasi dan Kreatif Indonesia (AINAKI).

Serial animasi “Petualangan Si Unyil” merupakan serial keluarga yang mengetengahkan nilai-nilai persahabatan, kesetiakawanan, dan keriangan dunia anak-anak melalui cara-cara sederhana. Rencana awalnya “Petualangan Si Unyil” akan terdiri dari 13 episode masing-masing berdurasi 22 menit dan tiap episode terdiri dari dua cerita.

Meskipun sasaran penonton utamanya adalah anak-anak, orangtua yang dulunya pecinta serial boneka Si Unyil akan juga menjadi target penonton yang berfungsi sebagai media atau “jembatan”. Nantinya para orangtua ini diharapkan mengajak anak-anaknya kembali ke masa kecilnya dengan menonton “Petualangan Si Unyil”

“Telkom melalui jaringan broadband dengan layanan video centric siap mengisi dengan konten-konten yang positif, salah satunya melalui Serial Animasi 3D Si Unyi?,” lanjut Indra. Menurutnya konten untuk anak-anak harus dapat memberikan nilai positif, edukatif dan menarik.

Si Unyil merupakan serial televisi anak-anak yang pertama dibuat oleh Perum Produksi Film Negara. Serial Si Unyil ini disiarkan di TVRI pada 5 April 1981 hingga tahun 2002. sejak itu menjadi Serial Si Unyil salah satu bagian yang tak terpisahkan dari budaya indonesia. Selain memberikan hiburan, Si Unyil bersama teman-temannya membawakan pesan-pesan moral dan sosial.

@TelkomIndonesia#UntukIndonesia

 (kanan-kiri) Direktur Innovation and Strategic Portfolio Telkom Indra Utoyo dan Direktur Utama Perum Produksi Film Negara (PFN) Shelvy Arifin berbicang usai menandatangani Nota Kesepahaman tentang “Produksi Animasi & Digitalisasi Serial Si Unyil” di Jakarta, Rabu (17/2).