Jakarta, 7 September 2016 – PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) meluncurkan aplikasi New ZAPA guna mendukung dan mewujudkan pengembangan UKM Indonesia menjadi lebih hebat. Peluncuran aplikasi New ZAPA ini dilakukan oleh Direktur Enterprise & Business Services Telkom Muhammad Awaludin di Jakarta, Rabu (7/9).
“Dengan berbagai fitur yang terdapat pada aplikasi New ZAPA, Telkom ingin mendorong dan memfasilitasi pelaku UKM untuk memanfaatkan layanan digital guna meningkatkan bisnis dan usahanya,” ujar Muhammad Awaluddin.
Aplikasi New ZAPA yang merupakan sebuah layanan Customer Relationship Management via mobile application untuk pelaku UKM Indonesia. Layanan ini dibuat untuk memudahkan para pelaku UKM dalam mencari info produk Telkom, info billing, Tracking process Order ataupun mencari mitra UKM terdekat melalui fiturNear Me.
“Pengembangan aplikasi New ZAPA ini didasarkan pada voice of customer yang dikumpulkan oleh para admin di setiap kesempatan bertemu UKM maupun interaksi melalu media sosial, sehingga New ZAPA menjadi sebuah aplikasi yang lebihpowerful (more powerful), lebih bernilai (more valuable) dan lebih handal (more reliable),” jelas Muhammad Awaluddin. Ia juga mengatakan bahwa saat ini aplikasi ZAPA yang telah diluncurkan sejak 2014 ini telah mendapat sambutan positif dari pelaku UKM.
Aplikasi New ZAPA dilengkapi fitur StarBox, yakni fitur solusi lengkap bagi para pelaku UKM yang terdiri dari produk wifi.id, Jarvis, Akunting Mudah dan Bos Toko yang dikemas menjadi layanan 3C (Connectivity, Content & Commerce). Saat ini aplikasi New ZAPA sudah tersedia di Google Playstore sehingga para pelaku UKM dapat mengunduh langsung dari smartphone atau tablet mereka.
Melalui Starbox, para pelaku UKM juga memiliki kesempatan menjadi resellerStarBox, yang dinamakan StarBox Digi Bulk. Cukup mendeposit minimal 500 ribu Rupiah, pengguna bisa mendapatkan bonus langsung sebesar 10%.
Selain fitur StarBox, New ZAPA menyediakan fitur Pendanaan UKM dengan nama Smart Funding, untuk pengajuan permohonan dana kemitraan. Lalu para pengguna juga bisa melihat info UKM yang telah bergabung dalam Kampung Digital melalui fitur Kampung UKM Digital.
Untuk mendapatkan informasi mengenai pengembangan bisnis, para pelaku UKM juga dapat berkonsultasi dengan para ahli melalui telepon, e-mail maupun live chat yang tersedia di fitur Sobat UKM. Selain itu, untuk dapat mengetahui UKM sekitar yang telah terdaftar, StarBox juga menyediakan fitur UKM Near Me.
Saat ini, Telkom telah memiliki 2,39 juta member Directory SmartBisnis dari target 3 juta yang dicanangkan, 1.000 Kampung UKM Digital yang memiliki 12 ribu member dan 10.000 member Smart Funding. Dengan pencapaian tersebut, Muhammad Awaluddin mencanangkan New ZAPA mampu menggaet 10.000 pengguna hingga akhir tahun 2016.
Telkom senantiasa memberikan edukasi baik secara langsung maupun melalui penyediaan aplikasi berbasis website seperti www.smartbisnis.co.id bagi pelaku UKM dan kini, Telkom mengembangkan aplikasi yang dapat digunakan oleh pelaku UKM melalui Mobile-phone melengkapi implementasi Indonesia Digital Entrepeneur (IndiPreneur).
“Telkom terus berkomitmen untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi untuk menunjang UKM dan tentu kami berharap agar setiap aplikasi yang dikembangkan dapat menciptakan ekosistem bisnis yang lebih baik dan modern,” demikian pungkas Awaluddin.
Kiri-kanan : Executive Vice President Divisi Business Service Telkom Tri Gunadi, Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin, Executive Vice President Telkom Regional 2 Jabbotabek Teuku Muda Nanta dan Direktur Marketing & Sales PT Infomedia Nusantara Andang Ashari berfoto bersama usai peluncuran New ZAPA di Jakarta, Rabu (7/9)