Telkom EXIST

Telkom berkomitmen untuk menjadi pemimpin dalam pengelolaan Environmental, Social, and Governance (ESG) di industri telekomunikasi Indonesia. Sejak 2006, Telkom telah menerbitkan Laporan Keberlanjutan, hal ini menunjukkan komitmen Telkom untuk memastikan keberlanjutan bisnis yang memberikan manfaat tidak hanya untuk saat ini tetapi juga untuk generasi yang akan datang.

Pada akhir 2023, Telkom meluncurkan program EXIST (ESG Existence for Sustainability by Telkom Indonesia). Melalui EXIST, Telkom mengimplementasikan pengelolaan ESG berdasarkan 3 (tiga) pilar utama:

1. Right Environmental: Efisiensi energi, penggunaan energi terbarukan, pengurangan emisi, pengelolaan risiko iklim dan pengelolaan limbah.

2. Right People: Menjamin keberagaman, kesetaraan, dan inklusi, meningkatkan kompetensi sumber daya manusia, serta mendukung masyarakat melalui berbagai program pemberdayaan dan tanggung jawab sosial perusahaan.

3. Right Governance: Memastikan tata kelola perusahaan yang baik, termasuk kepatuhan hukum, etika bisnis, privasi pelanggan, keamanan data, dan cybersecurity.

Telkom percaya bahwa integrasi prinsip-prinsip ESG dalam operasi bisnis sehari-hari adalah kunci untuk menciptakan nilai jangka panjang bagi pemegang saham, karyawan, pelanggan, dan masyarakat luas. Telkom terus berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan dalam mewujudkan visi untuk menjadi perusahaan yang tidak hanya unggul dalam kinerja bisnis tetapi juga berkontribusi pada perbaikan sosial dan lingkungan.