Brand Guideline Logo Telkom Indonesia

Brand Guidelines

Telkom Indonesia memiliki semua hak atas logo perusahaan Telkom Indonesia. Mohon untuk mengikuti semua aturan yang diuraikan dalam Brand Guidelines ini saat menggunakan logo Telkom Indonesia.

Logo Telkom Indonesia

Logo Philosophy

Sejalan dengan purpose Telkom Indonesia yaitu “Mewujudkan bangsa yang lebih sejahtera dan berdaya saing serta memberikan nilai tambah bagi para pemaku kepentingan”, Telkom Indonesia terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pemangku kepentingan sehingga dapat memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa Indonesia yang pada akhirnya dapat mewujudkan visinya “Menjadi digital telco pilihan utama untuk memajukan masyarakat”.

Sebagai perusahaan digital telco milik negeri, tekad dan keyakinan tersebut dilambangkan dengan sebuah logo perusahaan sebagai image perusahaan yang terdiri dari bentuk lingkaran yang melambangkan kedinamisan Perusahaan dan juga simbolisasi dunia, serta tangan kanan yang ramah dalam meraih dunia tersebut. Dengan warna merah, putih, dan warna transisi abu-abu sebagai warna identitas perusahaan, sebagaimana warna merah dan putih yang menjadi identitas Indonesia.

Logo Telkom Indonesia juga dilengkapi dengan tagline ‘The World in Your Hand’ dengan makna ‘Dunia dalam Genggaman Anda’ yang

membawa pesan bahwa Telkom Indonesia berkomitmen untuk membuat segalanya menjadi lebih mudah dan lebih menyenangkan dalam mengakses dunia.

Logo Utama Telkom Indonesia

1. Logo Telkom Indonesia Primer (Vertical)

( AI | EPS | PNG )     

terdiri dari :

  1. Logotype Telkom Indonesia terdiri dari 2 baris
  2. Icon lingkaran asimetris sebagai simbol dunia dan lambang kedinamisan
  3. Icon tangan sebagai representasi tagline “the world in your hand”
  4. Tagline

 

2. Logo Telkom Indonesia Sekunder (Horizontal)

 

 

( AI | EPS | PNG )     

terdiri dari :

  1. Logotype Telkom Indonesia terdiri dari 1 baris
  2. Icon lingkaran asimetris sebagai simbol dunia dan lambang kedinamisan
  3. Icon tangan sebagai representasi tagline “the world in your hand”
  4. Tagline (khusus Logo Utama Skunder, tagline tidak wajib. BOLEH pakai, BOLEH TIDAK)

 

3. Icon Telkom Indonesia

 

( AI | EPS | PNG )     

 

terdiri dari :

  1. Icon lingkaran asimetris sebagai simbol dunia dan lambang kedinamisan
  2. Icon tangan sebagai representasi tagline “the world in your hand”

Colour Philosophy & Colour Guide

        

 

Font Corporate Telkom Indonesia

Jenis tulisan memiliki kepribadian dan menunjukkan fungsi tertentu. Penggunaan yang konsisten dari jenis tulisan tertentu membuat audiens dengan mudah mengenali brand.

Telkom Indonesia menggunakan Font Gotham Rounded Family sebagai font PRIMER dan Font Gotham Family sebagai font SEKUNDER

Penulisan karakter Gotham Rounded Family dengan tipe huruf dengan sudut yang bulat, disertai kombinasi huruf besar dan kecil mencerminkan suatu keseimbangan yang natural. Penggunaan huruf kecil juga merupakan upaya untuk lebih akrab dan bersahabat.

Gotham Family akan menjadi font pengganti, jika font Gotham Rounded Family tidak tersedia dengan ketentuan dan karakter penulisan yang sama.

Font Gotham Rounded Family | download here

Font Gotham Family | download here

 

Aplikasi Logo

Dalam pengaplikasiannya, logo Telkom Indonesia harus dapat dilihat dengan jelas/tidak mengganggu keterbacaan. Sehingga HARUS mengikuti aturan size yang berlaku.

1. Logo Telkom Indonesia Primer

Logo dengan ukuran ≤ 2.5 cm diaplikasikan tanpa tagline, sedangkan logo dengan ukuran > 2.5 cm WAJIB dengan tagline.

     

 

2. Logo Telkom Indonesia Sekunder

Bila menggunakan tagline, minimum ukuran logo Telkom Indonesia sekunder adalah 5 cm.

 

3. Ikon Telkom Indonesia

Jika logo Telkom Indonesia diaplikasikan dibawah 1.5 cm, hanya menggunakan ikon tangan.

Dalam mengaplikasikan logo Telkom Indonesia, harus memperhatikan ruang kosong untuk memastikan logo selalu menonjol dan tampak jelas. Ruang kosong diukur dengan huruf ‘O’ pada logotype.

 

Logo Telkom Indonesia Primer

 

Logo Telkom Indonesia Sekunder

Reverse Logo

Reverse logo Telkom Indonesia diaplikasikan pada background berwarna di atas 30%, dengan ketentuan sebagai berikut :

1. Logo Reverse Telkom Indonesia Primer ( AI | EPS | PNG )     

2. Logo Reverse Telkom Indonesia Sekunder ( AI | EPS | PNG )     

3. Ikon Reverse Telkom Indonesia ( AI | EPS | PNG )     

DO’S & DON’TS

Do’s

Logo Telkom Indonesia Primer, Sekunder dan Icon yang BENAR & SESUAI ketentuan adalah :

  1. Memiliki 4 Warna : Merah, Putih, Hitam dan Abu-Abu
  2. Font type : Gotham Rounded
  3. Tagline

 

Don’ts

Logo Telkom Indonesia Primer, Sekunder & Ikon TIDAK BOLEH didesain ulang yang melanggar ketentuan, seperti :

Logo Reverse Utama Primer, Logo Reverse Utama Sekunder & Reverse Icon Utama TIDAK BOLEH didesain ulang yang melanggar ketentuan, seperti :

 

Logo reverse putih boleh diaplikasikan pada background abstrak, bermotif atau bertekstur dengan tingkat kerapatan yang tidak mengganggu keterbacaan logo. Logo tidak boleh diaplikasikan jika background memiliki tingkat kerapatan yang dapat mengganggu keterbacaan logo.

Double Rounded Double Square 

Jika pengaplikasian Logo Utama di atas image yang abstrak dan keterbacaannya kurang
jelas dan tidak bisa diaplikasikan, maka logo WAJIB diaplikasikan menggunakan Double
Rounded Double Square.

Ketentuan bentuk Double Rounded Double Square adalah sebagai berikut:

Double Rounded Double Square terbagi atas 2 tipe:

 

                     AI | EPS | PNG                                                                  AI | EPS | PNG

 

 

Silakan hubungi kami untuk penggunaan di televisi, majalah, atau bentuk media lainnya, atau untuk mencari klarifikasi tentang Brand Guidelines ini. 

 

 

 

 

 

© 2021 PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. All Right Reserved