Telkom Siap 100% Dukung Gelaran Upacara HUT ke-79 RI di IKN dan Jakarta
Diposting pada : 2024-08-12 | Tags :

infrastruktur Telkom untuk HUT di IKNDirektur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko (tengah), Executive Vice President Telkom Regional IV Area Kalimantan Rachmad Dwi Hartanto (kedua dari kanan),  VP Network/IT Strategy, Technology, & Architecture yang juga sebagai Kepala Satgas TelkomGroup untuk IKN Ermono Liman Prabowo (paling kiri), Direktur Planning & Operations PT Telkom Infrastruktur Indonesia (TIF) Suharyoto, (kedua dari kiri), dan Executive Vice President Territory 4 TIF I Komang Widnyana Karang saat rehearsal test untuk memastikan kesiapan infrastruktur dan layanan telekomunikasi untuk dukungan HUT RI di IKN berjalan dengan baik, berlokasi di Bandung, (10/8).

Telkom menyiapkan Infrastruktur dan Layanan Telekomunikasi 200 Gbps dilengkapi Alternatif Jalur Backup.

Bandung, 12 Agustus 2024 - Setelah sukses menggelar uji coba (rehearsal test) pertama terhadap infrastruktur dan layanan telekomunikasi yang dilakukan di Balikpapan pada 17 Juli 2024 lalu, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali menggelar rehearsal test kedua untuk semakin memastikan kesiapan infrastruktur dan layanan telekomunikasi berjalan dengan baik dan lancar, Sabtu (10/8). Adapun uji coba yang dilakukan meliputi pengujian transport dan service, pengujian jaringan Telkomsel, dan pengujian konektivitas untuk siaran Sea Today yang dilakukan secara live.

Kegiatan rehearsal test dipimpin langsung oleh Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko, diikuti Direktur Utama PT Telkom Infrastruktur Indonesia (TIF) I Ketut Budi Utama, beserta jajaran senior leader TelkomGroup dan personil yang bertugas.

Tahun ini, upacara HUT ke-79 RI menjadi istimewa karena tidak hanya dilakukan di Jakarta, namun untuk kali pertamanya dilakukan di IKN. Telkom telah menyiapkan infrastruktur dan layanan telekomunikasi baik Fixed Broadband maupun Mobile Broadband yang berada di 10 lokasi, meliputi tiga lokasi di Jakarta (Istana Merdeka, TMP Kalibata, Gedung DPR/MPR) dan tujuh lokasi di IKN (Memorial Park, Istana Presiden, RTJM, Tower ASN 5 dan 6, Bank Indonesia, Hotel Nusantara).

Infrastruktur dan layanan telekomunikasi di IKN meliputi jaringan berkapasitas 200 Gbps melalui 3 jalur (Batu Ampar, Sepaku & Labangka) yang terhubung ke 2 gateway internasional (Batam dan Manado) dan 23 data center serta 1 Hyperscale Data Center (HDC) Cikarang; 6 jalur in/out Kalimantan dengan landing points sistem kabel laut di 3 titik (Takisung, Sei Kakap dan Sangatta); backup Satelit Merah Putih dan Starlink; layanan seluler dengan 34 BTS Telkomsel yang dapat melayani hingga 35 ribu pelanggan; serta dukungan security berupa Next Generation Firewall dan DDoS Protection, seluruhnya disiapkan dengan capacitydiversity, dan cyber security yang terbaik dan andal.

Tidak hanya infrastruktur dan layanan telekomunikasi, ini menjadi tahun keempat Telkom melalui anak usahanya Sea Today bertanggung jawab melaksanakan proses produksi TV Pool keseluruhan rangkaian acara peringatan Kemerdekaan RI, baik di Istana Merdeka Jakarta maupun Istana Presiden di IKN. Sehingga seluruh masyarakat Indonesia dapat ikut merasakan kemeriahan peringatan HUT ke-79 RI secara langsung ataupun melalui siaran.

Rehearsal test kedua sukses dilakukan, hal ini membuktikan keandalan infrastruktur dan layanan telekomunikasi Telkom. “Terima kasih kepada seluruh personil yang bertugas atas dedikasi dan kesungguhannya, mari bersama-sama kita kawal apa yang telah TelkomGroup siapkan dalam mendukung event-event kenegaraan, semoga bisa berjalan dengan lancar dan baik,” ujar Herlan dalam sambutannya.

Mendukung penyelenggaraan peringatan HUT RI merupakan salah satu wujud nyata Telkom sebagai perusahaan BUMN yang terus berupaya untuk memberikan kontribusi maksimal bagi bangsa dan negara, terutama dalam pembangunan nasional.

Dukungan ini juga tentunya sejalan dengan tujuan utama perusahaan dalam mengakselerasi transformasi digital di seluruh nusantara, termasuk IKN. Telkom melihat IKN sebagai simbol kemajuan dan masa depan indonesia yang inklusif dan berkelanjutan. Selain itu, keterlibatan Telkom juga menjadi cerminan semangat kolaborasi, sinergi, dan nasionalisme yang tentunya selaras dengan budaya perusahaan.

#ElevatingYourFuture