Smart CheckUp berbasis AI TelkomMedika Raih Penghargaan TOP Award 2024
Diposting pada : 2024-12-18 | Tags :

Smart CheckUp Telkomedika

GM Corporate Office & Digital TelkoMedika Ahmad Faishol (kiri) dan Direktur Utama TelkoMedika Dicky Anfiadi (kanan) dalam acara Top Digital Awards tahun 2024 di Raffles Hotel Jakarta, pada Kamis (5/12).

Smart CheckUp TelkomedikaDirektur Utama TelkoMedika Dicky Anfiadi (kiri) dan GM Corporate Office & Digital TelkoMedika Ahmad Faishol (kanan) menerima dua kategori penghargaan TOP Digital Implementation 2024 dan TOP Leader on Digital Implementation 2024 pada ajang Top Digital Awards tahun 2024 di Raffles Hotel Jakarta pada Kamis (5/12).

Raih penghargaan pada kategori TOP Digital Implementation 2024 dan TOP Leader on Digital Implementation 2024.

Jakarta, 18 Desember 2024 - TelkoMedika, bagian dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) yang bergerak pada bidang layanan kesehatan bagi masyarakat umum, meraih penghargaan dalam ajang Top Digital Awards tahun 2024 pada dua kategori, TOP Digital Implementation 2024 dan TOP Leader on Digital Implementation 2024 yang diselenggarakan di Raffles Hotel Jakarta, pada Kamis (5/12).

Top Digital Awards ini diadakan oleh Majalah ItWorks yang merupakan platform untuk penilaian dan pengakuan atas pencapaian perusahaan IT & Telco nasional. Tahun 2024, ajang ini mengangkat tema “Business Solutions, Generative AI & Cyber Security for Excellence Business and Services”.

Direktur Utama TelkoMedika Dicky Anfiadi sangat bersyukur atas perolehan penghargaan tersebut tepat di momen ulang Tahun TelkoMedika yang ke-16 Tahun yang jatuh pada 11 Desember 2024 sekaligus mengucapkan terima kasih atas kerja keras, kerja cerdas, dan kerja tuntas seluruh tim TelkoMedika. Lebih lanjut, Dicky menjelaskan bahwa ini adalah bentuk komitmen TelkoMedika yang menjadi bagian TelkomGroup untuk terus melakukan transformasi digital dalam setiap layanan yang diberikan kepada pelanggannya maupun dalam operasional  bisnis yang dijalankan.

Pada proses wawancara penjurian yang berlangsung secara virtual, Selasa (19/11) lalu, TelkoMedika yang diwakili oleh Direktur Utama TelkoMedika Dicky Anfiadi, General Manager Corporate Office and Digital Ahmad Faishol, dan Manajer IT and Digital Service Fajrin Mohammad Ramadhan memaparkan sejumlah inisiatif dan capaian perusahaan dalam transformasi digital pada proses bisnis serta layanan kepada masyarakat.

Mengusung tema “Smart Check Up: Present a Medical Check Up Process with Centralized and Standardized Data”, Direktur Utama TelkoMedika Dicky Anfiadi mengungkapkan bahwa saat ini perusahaan sudah mulai mengimplementasikan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang bertujuan untuk menghadirkan proses pemeriksaan kesehatan (Medical Check Up/MCU) dengan data terpusat dan terstandarisasi. TelkoMedika menghadirkan AI sebagai bagian proses Auto Resume dan Auto Saran hasil MCU. “Melalui Konsep Smart Check Up ini kita ingin menghadirkan layanan pemeriksaan kesehatan dengan dukungan teknologi dan data yang terpusat, terintegrasi, serta terstandarisasi,” ujar Dicky Anfiadi.

Penggunaan AI Auto Resume ini memangkas proses pekerjaan dokter dan tenaga medis. Di mana sebelumnya dokter dan tenaga medis harus melakukan resume dari hasil MCU satu persatu, kini dapat dilakukan secara otomatis,  “Dari 10 parameter dokter atau tenaga medis yang sebelumnya harus dibaca satu persatu, kemudian di-highlight temuan abnormalnya, lalu disimpan. Dengan dukungan AI, proses resume ini dilakukan secara otomatis,” kata Dicky Anfiadi.

“Meski begitu dokter dan tenaga medis ini juga tetap perlu melakukan review dan approval karena ini adalah hasil MCU, jadi kami perlu memastikan hasil dari proses layanan kesehatan ini tetap melalui verifikasi dokter dan tenaga medis,” tambahnya.

TelkoMedika mengintegrasikan AI melalui fitur Auto Resume dan Saran Dokter, memberikan dampak signifikan di internal perusahaan. Teknologi ini mendukung pemenuhan SLA (Service Level Agreement) terhadap hasil Medical Check-Up sekaligus meningkatkan efisiensi sumber daya manusia, termasuk tenaga medis, perawat, dan dokter.

Pencapaian TelkoMedika dalam ajang ini mencerminkan upaya perusahaan dalam menghadirkan teknologi mutakhir yang tidak hanya meningkatkan kualitas layanan kesehatan, tetapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat luas. Dengan teknologi berbasis data terintegrasi, TelkoMedika terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat secara berkelanjutan.

#ElevatingYourFuture