Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Google, perusahaan induk Singapura Temasek, dan firma konsultan manajemen Bain & Company, ekonomi digital Indonesia berada di jalur yang tepat untuk mendominasi Asia Tenggara dengan nilai pasarnya diperkirakan akan naik tiga kali lipat menjadi $ 130 miliar pada tahun 2025. Di tengah pandemi global, Transaksi e-commerce Indonesia telah meningkat sekitar 400 persen karena meningkatnya permintaan transaksi online.

Telkom DWS memahami arti prediksi ini dan telah berupaya untuk membuka potensi Indonesia yang lebih besar untuk menjadi pembangkit tenaga listrik digital berikutnya di Asia dan dunia. Melalui visinya menjadi Global Digital Hub, Telkom DWS bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekosistem digital bangsa dan membantunya menjadi bagian penting dari ekonomi digital dunia.

 

Peran Global Digital Hub untuk Indonesia

Pada intinya, Digital Hub adalah ruang komunal tempat beragam komunitas dan organisasi, pakar dan konsumen, kelompok, dan individu dapat bertemu dan berbagi ide untuk kreasi bersama dan pemecahan masalah. Lingkungan ini mendorong kolaborasi, mendorong inovasi, dan menyediakan platform untuk ide-ide untuk berkembang dan bisnis untuk tumbuh. Anggota Digital Hub dapat bekerja sama dan belajar satu sama lain melalui berbagai inisiatif termasuk sesi berbagi, lokakarya dan program pelatihan, pendampingan, inkubator bisnis, dan banyak aktivitas lain yang menyatukan orang.

Karena sifat dan cara pengoperasiannya, Digital Hub menarik organisasi dari berbagai latar belakang untuk bertukar pengetahuan dan membangun komunitas kolaboratif yang mendorong konektivitas sosial dan perubahan ekonomi. Melalui kolaborasi erat yang didukung oleh teknologi paling inovatif, komunitas ini akan mampu menciptakan produk dan layanan yang akan mendorong ekosistem menuju digitalisasi di masa depan. Selain itu, melalui kesempatan untuk belajar dan terlibat dengan berbagai teknologi digital, Digital Hub memfasilitasi kreativitas dan membantu meningkatkan keterampilan digital individu dan bisnis di area tersebut dan, dengan demikian, meningkatkan kemampuan digital kolektif.

Setelah ditetapkan sebagai Global Digital Hub dengan dukungan dan infrastruktur yang tepat, Indonesia akan memainkan peran penting dalam ekosistem digital dunia. Dengan daya saing digital yang tinggi yang dicapai melalui kapabilitas dan kesiapan digital, Indonesia berpeluang untuk memimpin sebagai salah satu negara dengan ekonomi digital terkuat.

 

Peran Telkom DWS dalam Pengembangan Global Digital Hub

Untuk merealisasikan visinya, Telkom DWS terus berupaya mendorong perkembangan infrastruktur digital di Indonesia dengan terus mengembangkan produk dan layanan baru serta memperkuat ekosistem bisnis untuk mencapai pertumbuhan berkelanjutan di semua segmen pasar digital. Mereka telah membangun infrastruktur telekomunikasi digital terbesar di Indonesia dan terkoneksi dengan fiber optic dimana-mana.

Telkom DWS telah menggelar sekitar 160.680 km jaringan kabel terestrial dan bawah laut secara domestik dan global termasuk dua sistem kabel yang menghubungkan Asia Tenggara - Timur Tengah - Eropa Barat-5 (SEA-ME-WE 5) dan Asia Tenggara - Amerika Serikat (SEA-US ). Apalagi untuk menghubungkan Asia, Eropa, dan Amerika, Telkom DWS saat ini sedang membangun sistem kabel bawah laut Indonesia Global Gateway (IGG). Selain itu, jaringan mereka juga hadir di 33 negara dengan 72 jaringan Points of Presence (PoP) yang membawa trafik dan menghubungkan operator dengan pelanggan.

Untuk mendorong pertumbuhan industri digital global, Telkom DWS juga mengoperasikan pusat data carrier-neutral dan pertukaran internet kelas dunia bernama neuCentrIX yang menggabungkan layanan, jaringan, dan penyedia konten dari seluruh dunia untuk menjangkau lebih dari 265 juta masyarakat Indonesia melalui jaringan yang mulus, aman, dan andal.

Melalui inisiatif tersebut, Telkom DWS membuktikan komitmennya dalam menghadirkan potensi terbesar Indonesia dan meningkatkan daya saing digital bangsa. Dengan membangun kapabilitas digital Indonesia, Indonesia terus memainkan peran besar dalam mendorong ekonomi digital untuk memajukan Indonesia.