PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus menjalankan transformasi yang sudah dicanangkan perseroan sejak tahun 2021. Strategi 5 Bold Moves ini menandai komitmen dari strategi perusahaan untuk meningkatkan value demi keberlangsungan perusahaan yang kompetitif dan profitable.
Inisiatif 5 Bold Moves yang telah diimplementasikan diantaranya, strategi bisnis Fixed Mobile Convergence (FMC) dan DC Co yang ditandai dengan dikelolanya Data Center oleh NeutraDC. Kini TelkomGroup meneruskan transformasi dengan dibentuknya PT Telkom Infrastruktur Indonesia (TIF) melalui Kick Off Operational Day 1, pada 1 Agustus 2024. Langkah ini menandai komitmen dari strategi perusahaan untuk meningkatkan fokus bisnis infrastruktur fiber, sekaligus membuka potensi pertumbuhan pendapatan dan peningkatan valuasi bagi TelkomGroup.
Memasuki babak transformasi baru dengan hadirnya PT Telkom Infrastruktur Indonesia (TIF), Telkom Indonesia melakukan transformasi organisasi dan perubahan strategi bisnis teritori untuk memperkuat fokus pengelolaan B2B di Regional, Witel dan Datel.
Sebelumnya Telkom Indonesia memiliki 7 Regional dan 61 Witel, kini menjadi 5 Regional dan 31 Witel. Perubahan strategi bisnis teritori Telkom menjadi sebagai berikut:
Telkom Regional I – Sumatera
- Witel Aceh
- Witel Riau
- Witel Sumbagsel
- Witel Sumbar Jambi
- Witel Lampung Bengkulu
- Witel Sumut
Telkom Regional II – Jakarta & Jabar
- Witel Jakarta Inner
- Witel Jakarta Centrum
- Witel Jakarta Outer
- Witel Banten
- Witel Priangan Barat
- Witel Bekasi Karawang
- Witel Bandung
- Witel Priangan Timur
Telkom Regional III – Jateng, Jatim& Balnus
- Witel Semarang Jateng Utara
- Witel Yogya Jateng Timur
- Witel Bali
- Witel Jatim Barat
- Witel Nusa Tenggara
- Witel Jawa Timur
- Witel Suramadu
Telkom Regional IV– Kalimantan
- Witel Kaltimtara
- Witel Balikpapan
- Witel Kalselteng
- Witel Kalbar
Telkom Regional V – KTI
- Witel Sulbagsel
- Witel Sulbagteng
- Witel Sumalut
- Witel Papua
- Witel Papua Barat
Transformasi ini semakin mempertegas komitmen Telkom Indonesia untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang lebih ramping, lincah, dan efisien untuk mendukung agenda nasional dalam meningkatkan konektivitas dan mendorong adopsi digital di Indonesia.