Tentang CSR

Sebagai salah satu BUMN terbesar di Indonesia yang bergerak di bidang Telekomunikasi, Telkom tidak terlepas dari tanggung jawab sosial terhadap masyarakat atau Corporate Social Responsibility (CSR) dengan Paradigma “Telkom ada untuk Indonesia, tumbuh dan berkembang bersama-sama masyarakat Indonesia”.

Telkom meyakini, meningkatnya kesejahteraan masyarakat akan berimbas pada tumbuh dan berkembangnya skala usaha Telkom, demikian juga sebaliknya. Oleh karenanya sejalan dengan paradigma CSR Telkom, maka kami menerapkan prinsip profit-people-planet (“3P”) dalam praktek pelaksanaannya.

 

STRATEGI DAN LINGKUP KEGIATAN CSR

Pelaksanaan CSR Telkom mencakup isu-isu tanggung jawab sosial Telkom yang dianggap relevan dan signifikan, dengan menekankan pada tiga prinsip CSR Telkom, yaitu:

1.       Lingkungan digital, yaitu pengembangan, penyediaan, dan pengelolaan infrastuktur telekomunikasi dan beragam fasilitas teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mendukung dan menghubungkan seluruh aktivitas masyarakat, termasuk aktivitas pelestarian lingkungan hidup.

2.       Masyarakat digital, yaitu mendukung pemberdayaan komunitas melalui edukasi tentang pemanfaatan TIK secara optimal untuk memudahkan aktivitas kehidupan masyarakat sehari-hari.

3.       Ekonomi digital, yaitu pengembangan fasilitas TIK di berbagai layanan umum yang digunakan oleh masyarakat, serta dukungan terhadap usaha mikro dan menengah, terutama di sektor industri kreatif, terkait dengan optimalisasi pemanfaatan TIK.

 

VISI, MISI, DAN TUJUAN

1.       Visi :

Telkom telah mengembangkan Visi CSR Perusahaan yakni ‘menjadi leader dalam implementasi program CSR di Asia’

2.       Misi

Misi yang telah ditetapkan Telkom untuk mencapai Visi CSR adalah :

a.       Cause promotion

b.       Cause related marketing

c.       Corporate social marketing

d.       Corporate philanthropy

e.       Community volunteering

f.        Socially responsible business practice

 

3.       Tujuan

Telkom memiliki tujuan mendukung keberlangsungan bisnis Perseroan dengan melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan di bidang ekonomi, sosial, dan lingkungan yang melibatkan karyawan Telkom Group dan masyarakat, dengan berlandaskan pada tiga pilar utama (triple bottom line), yaitu planet, people dan profit.

a.       Planet. Ikut mempertimbangkan dan menjaga kelestarian alam dan lingkungan dalam setiap kegiatan operasional.

b.       People. Menciptakan SDM yang andal dalam melakukan pemberdayaan masyarakat melalui community development.

Profit. Tidak hanya mengejar profit namun diharapkan juga memberdayakan ekonomi masyarakat di lingkungannya.