Kisah Dibalik Panjat Pinang, Permainan yang Ramai Saat Hari Kemerdekaan

Jumat, 14 Agustus 2020

Share
Share
Share

(Foto: Hendra Wiradi/ Uzone.id)

Bulan Agustus ini, pedagang pohon pinang akan menuai banyak untung. Panjang pinang menjadi salah satu permainan di hari Kemerdekaan setiap tanggal 17 Agustus yang mampu menarik perhatian banyak orang. Bayangkan, beberapa orang akan berebut menjadi yang paling dulu berada di atas untuk bisa mengambil banyak hadiah di ujung pinang.

Pohon pinang rata-rata memiliki tinggi 6 sampai 8 meter. Saking tingginya, sekelompok orang yang ikut dalam permainan ini akhirnya harus bersatu untuk bisa menggapai hadiah di ujung pohon. Namun sejatinya, dulu ketika permainan ini pertama hadir, dibuat bukan untuk mengasah kerja sama antar-anggota tim, melainkan dibuat untuk kemenangan individu.

Hal ini diungkap oleh Budayawan Betawi, Ridwan Saidi, saat dihubungi Uzone.id, Rabu, 12 Agustus 2020. Menurutnya, pada masa awal permainan ini terkenal, permainannya mengharuskan seluruh peserta untuk masing-masing berlomba lebih dulu berada di atas pucuk pinang.

Suasana Perlombaan 17 Agustusan di Kalimalang diramaikan dengan panjat pinang di aliran sungai.
(Foto: Hendra Wiradi/ Uzone.id)

"Sebenarnya itu permainan individual. Kalau sekarang, mainnya beregu, ganti-gantian (naik). Nanti hadiahnya dibagi bersama-sama," kata Ridwan.

Hadiah di pucuk pinang kala itu cukup menggiurkan, berupa sembako yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat zaman dulu. Namun karena pinang tersebut dilumuri oleh pelicin, membuat para peserta kesulitan untuk mencapainya. Maka dari itu, muncullah tradisi untuk saling bantu membantu seperti yang kita lihat saat ini.

Ridwan juga menyebut jika permainan ini sudah ramai sejak abad ke-18 dan bukan permainan asli Indonesia. Ridwan berkisah jika panjat pinang dibawa oleh orang Indian dari Amerika yang kerap memainkan panjat pinang di area perkebunan.

"Kalau panjat pinang bukan asli permainan sini. Itu dibawa oleh orang-orang Indian. Di sini banyak perkebunan juga. Amerika juga punya perkebunan sebagai warga negara, bukan negara. Inggris juga ada (panjat pinang). China juga banyak. Di Indonesia, pekerja Indian didatangkan dari Amerika oleh mereka sendiri (ke Indonesia). Orang-orang Indian punya kegemaran relaksasinya itu panjat pinang," ujar Ridwan.

Memang banyak versi dari sejarah permainan ini. Bahkan di belahan dunia sudah lebih dulu mengenali permainan panjat pinang, termasuk Amerika yang dalam bahasanya dinamakan Greasy Pole. Di China, permainan ini sudah lama populer dengan nama Qiang-gu, yakni sejak zaman dinasti Ming (1368 - 1644).

Namun di Indonesia, panjat pinang dipercaya mulai terkenal sejak zaman penjajahan Belanda. Kala itu, hadiah berupa sembako menjadi incaran pada peserta lomba, sehingga warga Belanda bisa asik dan tertawa melihat antusiasme warga pribumi melakukan berbagai cara untuk mengincar hadiah-hadiah tersebut.

Tak ada yang tahu, siapa orang yang terlibat dalam memasukkan panjat pinang sebagai permainan tradisi perayaan Kemerdekaan Indonesia setiap tahun. Namun yang jelas kita masih percaya jika permainan ini mengasah rasa kebersamaan dan kerja sama warga Indonesia.

Melansir Kompas.com, lomba panjat pinang memiliki sejarah kelam di Indonesia ketika negeri ini masih dijajah oleh Belanda. Konon, dulu lomba panjat pinang cuma untuk hiburan semata bagi kaum Belanda.

Panjat pinang saat itu biasanya digelar Ketika ada acara hajatan, hari ulang tahun tokoh-tokoh penting Belanda hingga hari libur nasional.

Sama dengan panjat pinang sekarang, dahulu juga batang pinang dilumuri minyak pelican oleh Belanda. Di bagian puncak digantung berbagai macam hadiah dan bisa diambil oleh sang penakluk.

Kamu bisa bayangkan, para penjajah itu terkekeh-kekeh saat melihat rakyat pribumi yang miskin bersusah payah untuk meraih hadiah-hadiah yang tergantung di atas.

Melansir Kumparan.com, Wali Kota Langsa, Aceh, Usman Abdullah, pernah membuat larangan acara lomba panjat pinang saat peringatan HUT ke-74 RI pada tahun 2019. Usman mengatakan, lomba tersebut warisan penjajah yang tak ada nilai edukasinya. 

Bahkan, Usman membuat surat instruksi bernomor 450/2381/2019 tentang peringatan HUT Ke-74. Di dalamnya ada perintah untuk tidak menggelar panjat pinang bagi seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kepala desa, dan pimpinan BUMN/BUMD di wilayah Kota Langsa.

Komunitas Historia Indonesia, Asep Kambali, melalui artikel berjudul “Kenapa Harus Panjat Pinang?” yang dipublikasikan pada 16 Mei 2015 mengusulkan panjat pinang tak lagi masuk dalam daftar perlombaan 17 Agustusan karena telah merendahkan martabat bangsa. 

Asep juga menampilkan sebuah foto tahun 1917-an ketika dirinya melakukan riset di Museum Tropen, Belanda. Dalam foto terlihat pribumi tengah berusah payah memanjat pohon pinang untuk mendapat hadiah.

“Orang-orang pribumi yang saling berebut, kemudian terjatuh karena pohon pinang yang licin. Hal tersebut sangatlah lucu bagi penduduk Hindia Belanda, terutama kaum elit seperti orang Eropa, karena melihat orang pribumi yang rela saling berebut untuk sesuatu hal yang tidak berarti di mata mereka,” tulis Asep.

Berita Lainnya

Peristiwa Penting Sebelum Proklamasi Indonesia

Beberapa Peristiwa Penting pun terjadi sebelum Hari Proklamasi tiba.

Sejarah Gapura untuk 17 Agustusan

Dalam merayakan 17 Agustus, rakyat Indonesia punya beragam kesenian, baik itu panggung musik macam perlombaan mulai tarik tambang, balap kerupuk hingga panjat pinang

Sekolah Kedokteran Khusus Pribumi Jadi Museum Kebangkitan Nasional

Museum Kebangkinan Nasional di Jalan Dr. Abdul Rahman Saleh Nomor 26, Senen, Jakarta Pusat, sempat ditutup demi mencegah penyebaran virus corona baru (Covid-19)

Fakta Sejarah Bendera Merah Putih Pertama RI

Sejarah bendera Indonesia menarik untuk didalami, apalagi nama bendera kita punya beberapa julukan seperti Merah Putih, Sang Dwi Warna, dan Sang Saka Merah Putih

Tangis Air Mata Fatmawati Saat Jahit Merah Putih

Fatmawati tidak sengaja mendengar teriakan bahwa bendera Indonesia belum ada saat Soekarno bersama tokoh lainnya sedang berkumpul menyiapkan peralatan untuk pembacaan naskah teks proklamasi

Rumah Keturunan Tionghoa Jadi Tempat Menyusun Teks Proklamasi

Rumah Djiauw Kie Siong jadi tempat singgah para pemuda saat ‘menculik’ Soekarno dan Hatta karena dekat dengan markas Peta, yang saat ini sudah dijadikan Monumen Kebulatan Tekad.

Video Lomba